MANAJEMEN DAKWAH DALAM MENINGKATKAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN GRIYA MANTAB DESA SIDORJO KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR

Diah, Ayu Sekar Palupi (2021) MANAJEMEN DAKWAH DALAM MENINGKATKAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN GRIYA MANTAB DESA SIDORJO KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi diah ayu.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan menghafal Al-Qur’an tentu tidak akan terlepas dari urgensi manajemen. Manajemen berperan menjaga keseimbangan antara tujuan dan proses. Proses pengintegrasian dan pengkoordinasian, kegiatan agar kegiatan dakwah mencapai tujuannya yaitu dapat menghafal dan mengamalkan ajaran yang terdapat dalam Al-Qur’an secara efektif dan efisien. Dan inti dari manajemen dakwah yaitu suatu koordinasi dari awal hingga akhir kegiatan yang dilakukan secara sistematis dalam menghafal Al-Qur’an pasti akan menemui banyak kendala mulai dari kemampuan menghafal yang melemah, motivasi yang sering kali mengendur, serta sulitnya menjaga hafalan yang telah dihafalkan. Hal inilah yang akan mempengaruhi berkurangnya keinginan santri dalam menghafal. Untuk itu diperlukan pengelolaan manajemen modern agar dapat melakukan aktivitas dakwah dengan baik dan tujuan dari proses dakwah yang dimulai dari sebelum pelaksanaan dan sampai dari akhir kegiatan dakwah. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian jenis lapangan yaitu suatu penelitian yang langsung dilakukan di lokasi penelitian atau pada responden. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian berupa menghimpun, mengolah dan menganalisis data secara kualitatif. Maksud dari pendekatan investigasi adalah peneliti mengumpulkan data dengan cara menatap muka secara langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian. Memberikan penjelasan dan jawaban terhadap pokok permasalahan yang penulis teliti, bukan berarti untuk menguji atau mencari teori baru melainkan mengembangkan teori penelitian. Analisis penulis dalam karya ilmiah ini adalah yang pertama perencanaan yang dimulai dari nol dan dibuktikan dengan perencanaan yang masih membutuhkan pembaruan dari segala aspek. Selanjutnya dalam pengorganisasian Pondok Pesantren Griya Mantab melakukan pembagian tugas sesuai dengan kemampuan santriwati. Tahap pelaksanaan terdapat sistem hafalan, pemberian motivasi, dll. Yang terakhir pengawasan dilakukan oleh pimpinan dan pengurus selama 24 jam dengan interaksi secara terus menerus. Kata Kunci : Manajemen, Tahfidz, Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:58
Last Modified: 29 Dec 2021 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16817

Actions (login required)

View Item View Item