PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD/MI

RIKA, LEXSTIANI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIKA LEXSTIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan modul dengan lebih kreatif serta inovatif dalam penggunaannya, sehingga pengembangan modul ini akan menjadi suatu trobosan terbaru khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan modul ini diharapkan peserta didik mampu memahami materi dengan mudah dan dapat memotivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana proses dalam pengembangan bahan ajar modul yang baik pada pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) mengetahui kelayakan pengembangan modul (3) mengetahui respons peserta didik dan pendidik terhadap bahan ajar modul pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian Borg and Gall dan peneliti telah membatasi pada tujuh tahapan, yaitu Potensi Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SDN 1 Labuhan Ratu Bandar lampung, SD IT Wahdatul Ummah Metro dan SDN 3 Wates Pringsewu. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli materi termasuk dalam kategori “ Sangat Layak”, dengan persentase rata-rata 87 %. Penilaian ahli media pada bahan ajar modul dalam kategori “Layak” dengan persentase 74 %, Pada uji coba skala kecil di SDN 1 Labuhan Ratu dengan peserta didik sebanyak 13 peserta didik memperoleh persentase rata-rata 91,28 % mendapat kriteria penilaian “Sangat Menarik”. Pada uji coba lapangan skala besar di SD IT Wahdatul Ummah Metro dan SDN 3 Wates Pringsewu yang melibatkan 40 peserta didik dengan persentase rata-rata 91,39 % mendapat kriteria penilaian “ Sangat Menarik”untuk digunakan dan dijadikan modul pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan modul, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:02
Last Modified: 28 Dec 2021 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16784

Actions (login required)

View Item View Item