TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENETAPAN UPAH ATAS TAMBAHAN WAKTU DALAM PIJAT SELURUH BADAN (Studi di Pijat Syariah Zaiso Reflexology Urip Sumoharjo Bandar Lampung)

KHOFIKRI, AULIA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENETAPAN UPAH ATAS TAMBAHAN WAKTU DALAM PIJAT SELURUH BADAN (Studi di Pijat Syariah Zaiso Reflexology Urip Sumoharjo Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI KHOFIKRI AULIA PDF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pijat merupakan salah satu bentuk metode pengobatan yang umum dijumpai. Di Indonesia banyak yang telah mengenal pijat sebagai pengobatan alternatif bahkan mengembangkan pijat sebagai usaha yang dapat menghasilkan untung. Di Kota Bandar Lampung banyak ditemukan usaha yang bergerak dalam bidang jasa pijat. Contohnya Zaiso Reflexology, Zaiso Reflexology merupakan salah satu tempat pijat refleksi syariah yang ada di Kota Bandar Lampung yang memiliki pelayanan yang sesuai dengan prinsif syariah. Dalam penelitian ini di latar belakangi oleh penetapan upah tambahan waktu yang dilakukan oleh Zaiso Reflexology. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana praktik penetapan upah atas tambahan waktu dalam pijat seluruh badan di Zaiso Reflexology dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik penetapan upah atas tambahan waktu dalam pijat seluruh badan di Zaiso Reflexology. Oleh karna itu tujuan penelitian adalah untuk mempelajari praktik penetapan upah atas tambahan waktu dalam pijat refleksi dan untuk mengkaji pandangan hukum Islam terhadap praktik penetapan upah atas tambahan waktu dalam pijat seluruh badan di Zaiso Reflexology. Metode Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis dengan memakai metode berfikir deduktif. Data primer dalam penelitian ini didapat langsung dari hasil wawancara dengan para pihak yang bersangkutan yaitu pihak pemilik dan karyawan Zaiso Reflexology serta para konsumen di Zaiso Reflexology, sedangkan data sekunder diperoleh dari kepustakaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode pengolahan data melalui pemeriksaan data dan sistematika data. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa penetapan upah pijat seluruh badan di Zaiso Reflexology sudah sesuai dengan daftar harga walaupun dalam praktiknya biaya tambahan waktu pijat refleksi banyak konsumen yang kurang merasakan manfaatnya tetapi ada kerelaan antara konsumen dengan terafis sesuai dengan prinsip muamalah selagi adanya kerihdaan semua pihak diperbolehkan. Penulis menilai bahwa jika dikaitkan dengan konsep muamalah praktik penetapan upah tambahan waktu di panti pijat Zaiso Reflexology sudah sesuai dengan hukum Islam karena telah dijelaskan dalam hukum Islam setiap perjanjian tidak boleh merugikan diri sendiri atupun orang lain dan lebih mengedepankan konsep moral, adil dan layak, disertai kerelaan kedua belah pihak yang melakukan perjanjian atau pembayaran tanpa ada paksaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:55
Last Modified: 28 Dec 2021 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16782

Actions (login required)

View Item View Item