TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PENGHAPUSAN UANG MUKA AKIBAT KETERLAMBATAN PEMBAYARAN DALAM JUAL BELI KREDIT (Studi di Toko Elektronik Sony Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur)

SISNA, FEBRIYANI (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PENGHAPUSAN UANG MUKA AKIBAT KETERLAMBATAN PEMBAYARAN DALAM JUAL BELI KREDIT (Studi di Toko Elektronik Sony Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SISNA FEBRIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli kredit merupakan suatu transaksi yang dilakukan oleh kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli dalam hal pemindahan hak kepemilikan suatu benda yang di dahului dengan akad dan penyerahannya sejumlah uang muka (DP) yang telah di tentukan. Praktik jual beli kredit menggunakan uang muka (DP) tersebut terjadi di Toko elektronik Sony Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur, di mana praktik tersebut terjadi antara pemilik toko elektronik Sony dengan pembeli. Praktik jual beli kredit barang elektronik tersebut dalam penerapannya apabila dalam 3 bulan angsuran tidak dibayarkan maka uang muka (DP) akan dihapuskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik penghapusan uang muka dalam jual beli kredit barang elektronik di toko elektronik Sony Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik penghapusan uang muka tersebut. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik penghapusan uang muka dalam jual beli kredit barang elektronik di toko elektronik Sony Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap penghapusan uang muka tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan pada toko elektronik Sony Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data melalui tahap editing dan sistematisasi data. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik penghapusan uang muka dalam jual beli kredit barang elektronik di toko elektronik Sony Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur apabila pembeli tidak sanggup membayar angsuran selama 3 bulan maka uang muka yang dibayarkan itu terhitung hangus dan otomatis masa angsuran-nya diperpanjang. Dalam tinjauan hukum Islam hal yang seperti ini tidak diperbolehkan apabila tidak ada kesepakatan di awal akad antara pihak penjual dan pembeli, juga adanya unsur kedzaliman karena salah satu pihak dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:42
Last Modified: 28 Dec 2021 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16775

Actions (login required)

View Item View Item