PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

ERMAYANTI, Siti Surtini (2021) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ERMAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Peserta Didik di SMA Negeri 7 Bandar Lampung Oleh: Ermayanti Bimbingan pribadi sosial sangat penting dalam meningkatkan penyesuaian diri peserta didik, guna untuk meminimalisir permasalahan-permasalahan yang terjadi seperti kurang kemampuan dalam membangun kehangatan dan keakraban diantara peserta didik. Peserta didik perlu mempunyai penyesuaian diri yang baik agar dapat diterima dalam lingkungan sosial. Salah satu metode yang dianggap tepat dalam meningkatkan penyesuaiain diri peserta didik adalah dengan menggunakan bimbingan pribadi sosial, yakni layanan bimbingan yang diberikan kepada peserta didik untuk menemukan dan mengembangkan diri pribadinya sehingga menjadi pribadi yang lebih baik dan bertanggung jawab. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan penyesuaian diri peserta didik di SMA Negeri 7 Bandar Lampung, Penelitian ini dilakukan pada 16 maret 2021 sampai dengan 20 april 20121. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru bk dalam meningkatkan penyesuaian diri peserta didik yaitu dengan cara memberikan layanan bimbingan pribadi sosial melalui bimbingan klasikal, layanan konsultasi, layanan konseling idividu dan juga layanan konseling kelompok, guru bk juga melakukan evaluasi kegiatan dan follow up. Kata kunci: Penyesuaian diri, Bimbingan pribadi sosial iii ABSTRACT Implementation of Social Personal Guidance Services in Improving Student Adjustment at SMA Negeri 7 Bandar Lampung Social personal guidance is very important in improving the adjustment of students, in order to minimize problems that occur such as lack of ability to build warmth and intimacy among students. Students need to have good adjustments to be accepted in the social environment. One method that is considered appropriate in improving students' self-adjustment is to use personal social guidance, namely guidance services provided to students to find and develop themselves so that they become better and responsible individuals. The subject of this research is the guidance and counseling teacher of SMA Negeri 7 Bandar Lampung. This type of research is a descriptive qualitative research where the data collection uses observation, interviews, and documentation techniques. The purpose of this study was to determine the implementation of personal social guidance services in improving the self-adjustment of students at SMA Negeri 7 Bandar Lampung. This research was conducted on March 16, 2021 to April 20, 20121. The results of this study indicate that the efforts made by BK teachers in improving students' self-adjustment are by providing personal social guidance services through classical guidance, consulting services, individual counseling services and group counseling services, BK teachers also evaluate activities and follow up. Keywords: Self-adjustment, Social Personal Guidance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2021 09:01
Last Modified: 27 Dec 2021 09:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16773

Actions (login required)

View Item View Item