PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 SEKAMPUNG

FIKA, KHOIRUNISA (2021) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 SEKAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FIKA KHOIRUNISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar yang rendah yang dimaksud didalam penelitian ini adalah seorang peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah atau menurun, dikarenakan adanya pembelajaran daring yang membuat peserta didik tidak memiliki semangat untuk belajar dan mengakibatkan motivasi belajar peserta didik tersebut menjadi rendah atau menurun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat 5 peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah atau menurun semenjak adanya covid-19.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan, hambatan, dan hasil dari layanan konseling inidvidu oleh guru bimbigan dan konseling atau konselor peserta didik yang sedang membutuhkan bantuan agar peserta didik tidak mengalami gangguan atau hambatan dalam proses perkembangannya. Untuk mengetahui bagaimana strategi guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan konseling inidvidu oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa: 1) proses pelaksanaan layanan konseling inidvidu yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling di SMPN 2 Sekampung sudah berjalan dengan baik, namun masih ditemukan beberapa kekurangan yang tidak signifikan. 2) Hambatan yang dialami oleh guru bimbingan dan konseling dalm proses pelaksanaan layanan konseling individu yaitu sinyal dan komunikasi yang dimaksud disini yaitu guru BK mengalami kesulitan dalam memanggil peserta didik untuk datang kesekolah dikarenakaan adanya covid-19, keterbukaan peserta didik yang kurang dengan guru bk.3) Hasil pelaksanaan layanan konseling individu terlihat bahwa terdapat perubahan prilaku searah yang lebih baik setelah mendapatkan layanan dimana peserta didik melakukan usaha- usaha untuk berubah menjadi ada keinginan dalam mengikuti pembelajaran melalui zooom, mengerjakan tugas dan memperhatika guru ketika menjelaskan mata pelajaran. Kata kunci: Motivasi Belajar, Layanan Konseling Individu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2021 08:42
Last Modified: 27 Dec 2021 08:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16771

Actions (login required)

View Item View Item