PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT (Value Clarification Technique) TERHADAP PENINGKATAN SIKAP SOSIAL SISWA MIN 4 BANDAR LAMPUNG

JAMIATUL, HIDAYAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT (Value Clarification Technique) TERHADAP PENINGKATAN SIKAP SOSIAL SISWA MIN 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT (Value Clarification Techique) TERHADAP PENINGKATAN SIKAP SOSIAL SISWA MIN 4 BANDAR LAMPUNG OLEH Jamiatul Hidayah Sikap sosial peserta didik jarang menjadi perhatian sehingga secara umum masih tergolong rendah. Inovasi pembelajaran diperlukan untuk mendukung perkembangan sikap sosial.model VCT (Value Clarification Techique)membuat pembelajaran menjadi terkendali dan mudah untuk memahami sifat peserta didik dalam belajar. Dalam prosesnya peserta didik dipermudah untuk menalar melalui kebebasan memilih permasalahan yang ada disekitar ataupun yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhmodel pembelajaran VCT (Value Clarification Techique) terhadap peningkatan sikap sosial peserta didik. Penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didi kelas IV MIN 4 Bandar Lampung. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, terpilih kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model pembelajaran VCT (Value Clarification Techique)dan IV B sebagai kelas kontrol yang memperoleh model pembelajaran PBL. Desain penelitian ini menggunakan One-Groub Pretest-Posttest Desain. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan uji distribusi normal guna memastikan bahwa sampel bersifat homogen dan normal. Analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji t dengan menggunakan SPPS diperoleh nilai sig. < 0,05 sehingga ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Techique) terhadap peningkatan sikap sosial peserta didik. peningkatan sikap sosial kelas eksperimen yang mendapatkan treatment model pembelajaran VCT (Value Clarification Techique) lebih baik dari pada kelas kontrol yang mendapatkan treatment model PBL hal ini dapat dibuktikan melalui hasil N-gain score. Untuk kelas eksperimen mendapatkan rata – rata peningkatan sebesar 0,34 sedangkan untuk kelas kontrol mendapatkan rata – rata peningkatan 0,13. Kata Kunci : Model pembelajaranVCT, Sikap Sosial, Value Clarification Techique iii ABSTRACT THE EFFECT OF VCT (Value Clarification Technique) ON INCREASING SOCIAL ATTITUDE STUDENTS MIN 4 BANDAR LAMPUNG By Jamiatul Hidayah The social attitude of students is rarely a concern so that in general it is still relatively low. Learning innovation is needed to support the development of social attitudes. VCT (Value Clarification Technique) model makes learning controlled and easy to understand the nature of students in learning. In the process, students are facilitated to reason through the freedom to choose the problems that are around or experienced. This study aims to determine the effect of the VCT (Value Clarification Technique) learning model on improving students' social attitudes. The population in this study were participants in class IV MIN 4 Bandar Lampung. The sample selection was carried out using the Simple Random Sampling technique. Class IV A was chosen as the experimental class which received the VCT (Value Clarification Technique) learning model and IV B was the control class that received the PBL learning model. The design of this study used the One-Group Pretest-Posttest Design. Before data analysis, a homogeneity test and normal distribution test were carried out to ensure that the sample was homogeneous and normal. Analysis of the data used is the t-test with a significant level of 5%. The results of the t-test using SPPS obtained a sig value. <0.05 so that H0 is rejected, which means that there is an effect of the VCT (Value Clarification Technique) on increasing students' social attitudes. the increase in social attitudes of the experimental class who received the VCT (Value Clarification Technique) learning model treatment was better than the control class that received the PBL model treatment, this can be proven through the results of the N-gain score. The experimental class got an average increase of 0.34 while the control class got an average increase of 0.13. Keywords: VCT learning model, Social Attitude, Value Clarification Technique

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:59
Last Modified: 27 Dec 2021 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16767

Actions (login required)

View Item View Item