Rudatin, Rudatin (2017) Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Smp Negri 1 kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (691kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (5MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (45kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (170kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (379kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (89kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (291kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (22kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (55kB) | Preview |
Abstract
Pergeseran makna pembelajaran berorientasi kepada guru (teacher oriented) ke pembelajaran berorientasi kepada siswa (student oriented), maka peran guru dalam pembelajaran pun mengalami pergeseran, salah satunya penguatan peran guru sebagai motivator. Motivasi merupakan salah satu prasyarat dalam belajar. Optimalisasi peran guru sebagai motivator menjadi keharusan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dan apa saja faktor-faktor penyebab lemahnya motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru sebagai motivator dan faktor penyebab lemahnya motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah interview, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data yaitu mencakup peyederhanaan data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (making conclusion). Hasil penelitian menunjukkan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator yaitu memperjelas tujuan, membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana menyenangkan dalam belajar, memberikan pujian, memberikan penilaian dan memberikan komentar, serta menciptakan persaingan dan kerjasama. Adapun faktor-faktor penyebab lemahnya motivasi belajar peserta didik adalah kurangnya pemberian hadiah, kurangnya persaingan, kurangnya pemberian tugas yang menantang, dan kurang optimalnya pemberian pujian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 01:57 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 08:49 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1675 |
Actions (login required)
View Item |