PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA KALIASIN KEC. TANJUNG BINTANG KAB. LAMPUNG SELATAN

DORA, YUNISA (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA KALIASIN KEC. TANJUNG BINTANG KAB. LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sosial emosional adalah cara anak dalam bergaul dengan teman atau dengan lingkungan di sekitarnya dan bagaimana cara anak menunjukkan sikap pedulinya dengan orang lain. Penelitian ini di lakukan pada saat pandemi Covid-19. Oleh kerana itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan sosial emosional anak pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua anak usia 5-6 tahun di Desa Kaliasin Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisisdengan cara reduksi data, penyajian data dan panarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa peran orang tua di desa kaliasin dalam mendidik perkembangan sosial emosional anak pada masa pandemi covid-19 yaitu dengan cara pertama orang tua memberi contoh yang nyata dalam berempati dengan cara membiasakan untuk menawarkan bantuan dan memberikan bantuan kepada anak. Melibatkan anak secara langsung dalam melakukan pekerjaan saat di rumah. Kedua orang tua mengarahkan anak untuk bersikap sopan santun dan mandiri dengan cara orang tua membiasakan untuk menjaga sikap dan cara bicara dengan orang lain secara baik. Membiasakan anak untuk disiplin dalam melakukan pekerjaannya sendiri. Ketiga cara orang tua mengembangkan dan mengontrol ekpresi emosi anak agar tidak berlebih yaitu dengan cara orang tua membiasakan memberikan waktu kepada anak untuk mengungkapkan perasaannya. Menunjukkan kasih sayang terhadap anak. Keempat memberikan fasiltias anak dengan cara orang tua berusaha untuk selalu memenuhi apa yang di butuhkan anak. Orang tua menjadi teman bermain anak dirumah. . Kata Kunci: Peran Orang Tua, Perkembangan Sosial Emosional iii ABSTRACT Socio-emotional is the way children get along with friends or with the environment around them and how children show their caring attitude to others. This research was conducted during the Covid-19 pandemic. Therefore, the purpose of this study is to find out how the role of parents in developing children's social and emotional states during the covid-19 pandemic. The method used in this research was descriptive qualitative research. The subjects in this study were parents of children aged 5-6 years in Kaliasin Village, Tanjung Bintang District, South Lampung Regency which revealed 15 people. Data collection techniques in this study used interview, observation and documentation techniques. Data by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions. To test the validity of the data, the researchers used a source triangulation technique. Based on the results of the study, it can be concluded that the role of parents in the Kaliasin village in educating children's socio�emotional development during the Covid-19 pandemic was the first way parents give real examples of empathy by getting used to offering help and providing assistance to children. Involve children directly in doing work while at home. Both parents direct their children to be polite and independent by the way parents get used to maintaining good attitudes and ways of talking to others. Familiarize children to be disciplined in doing their own work. The third way parents develop and control their children's emotional expressions so as not to overdo it was giving parents the habit of giving their children time to express their feelings. Show affection for children. Fourth, providing children's facilities by means of parents trying to always fulfill what the child needs. Parents become children's playmates at home. Keywords : Role of Parents, Social Emotional Development

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:53
Last Modified: 27 Dec 2021 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16742

Actions (login required)

View Item View Item