ANALISIS KINERJA REKSA DANA PASAR UANG SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHARPE DAN TREYNOR (Studi Pada Reksa Dana Pasar Uang Syariah Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2018-2020)

PIPIN, HANDAYANI (2021) ANALISIS KINERJA REKSA DANA PASAR UANG SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHARPE DAN TREYNOR (Studi Pada Reksa Dana Pasar Uang Syariah Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2018-2020). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PIPIN HANDAYANI_1751020093.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagaimana diketahui mayoritas penduduk Indonesia adalah Islam, masuknya syariat Islam dalam pengelolaan keuangan diharapkan dapat menjadikan pilihan bagi masyarakat untuk menghilangkan praktik riba. Hal itu merupakan salah satu solusi persoalan bagi masyarakat yang menghindari praktik riba dalam berinvestasi. Salah satu Fakta dilapangan ada beberapa masalah yang terjadi, yaitu tidak semua calon investor menguasai ilmu pasar modal, waktu yang cukup, serta keterbatasan mendapatkan informasi perusahaan. Salah satu pilihan investasi yang paling tepat untuk berbagai kendala tersebut, yaitu melalui reksa dana pasar uang syariah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kinerja reksa dana pasar uang syariah menggunakan metode Sharpe dan metode Treynor dan bagaimana kinerja reksa dana pasar uang syariah menurut persepektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja reksa dana pasar uang syariah menggunakan metode Sharpe dan metode Treynor dan kinerja reksa dana pasar uang syariah menurut persepektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder dengan populasi 12 produk reksa dana pasar uang syariah yang dikeluarkan oleh perusahaan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Sharpe dan Treynor, dengan indikator variable yang digunakan: Return Reksa Dana Pasar Uang Syariah, Risk free, Tingkat Pengembalian Pasar, Standar Deviasi, Beta. Secara umum kinerja reksa dana pasar uang syariah berdasarkan metode Sharpe dan Treynor mengalami fluktuasi. Semakin tinggi nilai Sharpe dan Treynor dmaka semakin baik kinerja reksa dana Pasar Uang, karena dapat memberikan imbal hasil aktual yang lebih tinggi dari imbal hasil yang diharapkan sehingga dapat meminimalkan risiko individu yang ditanggungnya. Reksa dana dengan pendekatan Sharpe dan Jensen, kinerja terbaik reksa dana pasar uang iii Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja terbaik pada Reksa Dana pasar uang syariah menggunakan metode metode Sharpe dan Treynor adalah Reksa Dana syariah bahana likuid Syariah Kelas S manajer investasi PT Bahana TWC Invesment Management. Hal ini menunjukkan bahwa berguna untuk memberikan informasi kepada para investor yang ingin melakukan investasi pada Reksa Dana Pasar Uang Syariah, karena menghasilkan nilai return yang lebih tinggi dari investasi bebas risiko dan telah sejalan dengan perspektif ekonomi Islam, dikarenakan kinerja reksa dana tersebut telah dapat mengelola imbal hasil (return) dan risiko yang transparan dengan cara yang tepat, layak dan juga tidak ada unsur ribawi. Kata Kunci: Reksa dana pasar uang Syariah, Sharpe , Treynor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:01
Last Modified: 27 Dec 2021 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16739

Actions (login required)

View Item View Item