ANALISIS PERBANDINGAN PENDUGAAN UMUR SIMPAN MINUMAN BERBAHAN DASAR AIR KELAPA WULUNG YANG DI STERILISASI MENGGUNAKAN METODE MIKROFILTRASI DAN SHOTEST

AYU, SEPTIANI (2021) ANALISIS PERBANDINGAN PENDUGAAN UMUR SIMPAN MINUMAN BERBAHAN DASAR AIR KELAPA WULUNG YANG DI STERILISASI MENGGUNAKAN METODE MIKROFILTRASI DAN SHOTEST. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Air kelapa wulung mempunyai khasiat khusus yang berguna untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Air kelapa sulit untuk bertahan lama disimpan setelah dikeluarkan dari dalam buah kelapanya, maka air kelapa harus diawetkan. Umur simpan adalah selang waktu antara awal produksi sampai konsumsi yang dimana produk masih dalam keadaan yang aman untuk dikonsumsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk dibandingkan dalam proses pengawetan minuman dari air kelapa wulung adalah metode mikrofiltrasi dan metode Shotest. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pendugaan umur simpan minuman air kelapa wulung yang disterilisasi menggunakan metode mikrofiltrasi dan metode Shotest. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Parameter yang diamati adalah aspek Fisika, Kimia dan Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek fisika, kimia dan biologi pada uji warna, tekstur, aroma, pH serta uji cemaran mikroba pada sampel kontrol dan mikrofilter mengalami penurunan mutu dalam waktu yang singkat, sedangkan pada sampel yang disterilisasi menggunakan metode Shotest lebih efektif dalam mempertahankan mutu dan kualitasnya dalam kurun waktu 3 bulan. Kata Kunci : Pendugaan Umur Simpan, Metode Mikrofiltrasi, Metode Shotest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:34
Last Modified: 27 Dec 2021 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16736

Actions (login required)

View Item View Item