PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMPN 4 PESISIR SELATAN

UZAIRON, FAHLEVI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMPN 4 PESISIR SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI UZAIRON FAHLEVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh UZIRON PAHLEVI NPM. 1511010389 Model pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran, karena dapat meningkatan hasil belajar peserta didik. Namun pada kenyataanya di SMP Negeri 4 Pesisir Selatan, masih menggunakan model pembelajaran Konvensional yang cenderung monoton, karena terbiasa menunggu informasi yang disampaikan oleh guru, sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik masih rendah. Salah satu metode yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)terhadap hasil belajar peserta didik. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N 4 Pesisir Selatan Pesisir Barat. Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan peneitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 4 Pesisir Selatan yang berjumlah 132 peserta didik, kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VII B berjumlah 32, sedangkan kelas kontrol yaitu VII A berjumlah 34. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes. Instrumen test berbentuk pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik. rata-rata hasil belajara peserta didik terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki rata-rata nilai sebesar 82.50 dan kelas kontrol menggunakan model Konvensional memiliki rata-rata nilai 49.25. yang artinya hasil belajar dari peserta didik dalam kelas eksperimen meningkat. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kelas VII B lebih memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dibanding dengan hasil belajar peserta didik kelas VII A yang tidak menggunakan model pembelajaran Konvensional. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:20
Last Modified: 14 Dec 2021 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16672

Actions (login required)

View Item View Item