PENDIDIKAN HUMANIS PAULO FREIRE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Rian, Simona (2021) PENDIDIKAN HUMANIS PAULO FREIRE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_RIAN SIMONA_1611010430.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan kepribadian setiap manusia yang matang baik secara intelektual, emosional, dan spiritual. Melalui proses pendidikan, manusia dapat menjadi manusia seutuhnya dengan cara yang manusiawi,disebut pendidikan humanis. Pendidikan humanis adalah proses pendidikan yang menganut aliran humanisme, yaitu proses pendidikan yang menempatkan manusia sebagai salah satu objek terpenting dalam pendidikan. Pendidikan humanis didasari oleh adanya kesamaan kedudukan manusia, Paulo Freire adalah salah satu tokoh yang menggagas pendidikan humanis yang terkenal dengan konsep pendidikannya yaitu pendidikan pembebasan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan humanis menurut Paulo Freire dan mengetahui pemikiran Paulo Freire dalam perspektif pendidikan Islam. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan, yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data dalam penelitian. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjang atau pendukung data primer). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis-filosofis. Selanjutnya, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumentatif. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian diketahui bahwa, pemikiran pendidikan Paulo Fereire memuat tentang humanisme, tujuan pendidikan dan konsep pendidikan humanis yang didalamnya memuat nilai-nilai Kebebasan, nilai persamaan, nilai keadilan dan nilai musyawarah. Adapun hasil analisis pendidikan humanis Paulo Freire dalam perspektif pendidikan Islam yaitu, keduanya mempunyai ciri khas masing-masing namun ada beberapa kesesuaian antara konsep pendidikan humanis Paulo Freire dengan konsep pendidikan dalam Islam, adapun pendidikan humanis Paulo Freire yang sesuai dengan pendididkan Islam yaitu, dalam hal humanisme dan fitrah manusia. Sebagaimana fitrah manusia membutuhkan nilai Kebebasan, nilai persamaan, nilai keadilan dan nilai musyawarah. Kata Kunci : Pendidikan, Humanis, Paulo Freire, Perspektif, Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:09
Last Modified: 14 Dec 2021 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16671

Actions (login required)

View Item View Item