ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PJOK SISWA KELAS V SDN 1 TAMBAHREJO PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nur, Rohmah (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PJOK SISWA KELAS V SDN 1 TAMBAHREJO PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR ROHMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PJOK Siswa Kelas V SDN 1 Tambahrejo Pada Masa Pandemi Covid-19”. Pandemi covid-19 berlangsung di indonesia sejak tahun 2020 memberikan dampak yang besar di segala aspek, salah satunya aspek pendidikan. Dengan adanya pandemi ini upaya pemerintah dalam menangani kasus covid-19 di keluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara virtual yang dapat dilakukan dimana saja, dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring Mata Pelajaran Pjok pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, yang mendeskripsikan segala betuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari guru, orang tua dan peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan di SDN 1 Tambahrejo tepatnya pada kelas V, dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru menyiapkan media dan bahan ajar sesuai dengan RPP daring. Upaya orang tua/wali dan guru sudah cukup baik untuk meningkatkan proses pembelajaran dari mata pelajaran PJOK dimasa pandemi covid-19. Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran PJOK. iiABSTRACT This study is entitled "Online Learning Analysis on PJOK Subjects for Class V SDN 1 Addrejo During the Covid-19 Pandemic". The COVID-19 pandemic that has taken place in Indonesia since 2020 has had a major impact in all aspects, one of which is education. With this pandemic, the government's efforts to deal with COVID-19 cases have issued a policy regarding the implementation of online learning. Online learning is learning that is done virtually that can be done anywhere, anytime. This study aims to describe the implementation of online learning for Pjok Subjects during the covid-19 pandemic. This research includes qualitative research with the type of phenomenological research, which describes all forms of actions and phenomena carried out by the subjects studied in the implementation of online learning. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Sources of data obtained from teachers, parents and students. The results of research conducted at SDN 1 Addrejo, precisely in class V, in the implementation of online learning the teacher prepares media and teaching materials in accordance with online lesson plans. The efforts of parents/guardians and teachers have been good enough to improve the learning process of PJOK subjects during the covid-19 pandemic. Keywords: Covid-19 Pandemic, Online Learning, PJOK Subjects.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:57
Last Modified: 14 Dec 2021 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16670

Actions (login required)

View Item View Item