PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 8 BANDAR LAMPUNG

RATIH, SAPUTRI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 8 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran. Berdasarkan kegiatan pra survey yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat sehingga berdampak hasil belajar kognitif pelajaran Fiqh masih rendah pada peserta didik kelas V yang berjumlah 131 peserta didik di MIN 8 Bandar Lampung, diketahui proses pembelajaran kurang maksimal. Oleh karena itu perlu di terapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar. Rumusan dalam penelitian ini yaitu Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil belajar Fiqh Kelas V MIN 8 Bandar Lampung. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqh Kelas V MIN 8 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain yang di gunakan yaitu pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas V MIN 8 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas danuji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain yang di peroleh kelas eksperimen sebesar 0,733 atau 73% (interpretasi tinggi) dan N-Gain yang di peroleh kelas kontrol 0,574 atau 57% (interpretasi sedang). Berdasarkan hasil yang telah dianalisis, didapatlah hasil belajar kognitif terdapat thitung= 6,380 dan ttabel= 1,673 dengan taraf signifikasi 5 %. Karena thitung> ttabelmaka H1di terima dan H0di tolak. Untuk hasil belajar afektif didapat thitung=3,620 dan ttabel=1,673 dengan taraf signifikasi 5 %. Karena thitung> ttabelmaka H1di terima dan H0di tolak. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran Contextual iiTeaching and Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqh Kelas V MIN 8 Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, HasilBelajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:45
Last Modified: 14 Dec 2021 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16669

Actions (login required)

View Item View Item