PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION GAME BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS

ANINDITA, MAYA PRAMESWARI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION GAME BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (461kB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION GAME BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS Oleh Anindita Maya Prameswari Penggunaan media pembelajaran yang relevan sangat penting bagi peserta didik untuk proses pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yang bertujuan untuk mengembangkan Education Game berbasis android pada materi virus dan mengetahui kelayakan Education Game berbasis android pada materi virus yang layak digunakan untuk pembelajaran biologi. Media yang dikembangkan pada penelitian ini berupa education game berbasis android sebagai media penunjang pembelajaran bagi peserta didik. Pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall dengan 10 langkah yang disederhanakan menjadi 7 langkah yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan pengembangan, pengembangan tahap awal, uji coba terbatas, revisi hasil uji coba terbatas, uji coba secara luas, revisi hasil uji coba secara luas. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi education game biologi materi virus untuk kelas X IPA yang dirancang menggunakan software Construct 2. Hasil uji kelayakan media education game menunjukkan media “sangat layak” berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 84,37%, ahli materi 87,49% dan ahli bahasa 94,44%. Pada uji coba skala terbatas yang melibatkan 15 responden memperoleh hasil presentase 82,74% dengan kategori “sangat layak”. Pada uji coba skala luas yang melibatkan 35 responden kelas X MIA 2 memperoleh hasil presentase rata-rata sebesar 81,18% dan melibatkan 34 responden kelas X MIA 3 memperoleh hasil presentase rata-rata sebesar 84,31% dengan kategori “sangat layak”. Respon tanggapan pendidik menunjukkan media “sangat layak” dengan hasil presentase 95,83%. Berdasarkan perolehan hasil dapat disimpulkan media pembelajaran education game berbasis android pad materi virus sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi kelas X MIA SMA/MA. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Education game, Virus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2021 06:57
Last Modified: 13 Dec 2021 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16660

Actions (login required)

View Item View Item