Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa di Sma Negri 1 Tanjung bintang Kabupaten Lampung Selatan

Wigarti, Wigarti (2017) Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa di Sma Negri 1 Tanjung bintang Kabupaten Lampung Selatan. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (645kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (472kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (676kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (103kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam mempunyai perananpenting dalampembentukan karakter peserta didik. Hal ini dikarenakan Pendidikan Agama Islam mengajarkan nilai-nilai ajaran agama, menghargai pentingnya ajaran agama, menghayati manfaat ajaran agama, dan mengamalkan ajaran agama yang diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga terlatih dan terbiasa melakukan kebaikan,baik sebagai individu maupun sebagai warga masyarakat/bangsa. Penelitian ini bertujuan (1)untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakterpeserta peserta didik,(2)untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik,dan (3)untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif, jenis penelitian fenomenologis, dandengan metode deskriptifanalisis.Teknikpengumpulandata dilakukandengan(1)wawancara mendalam,(2)observasipartisipatif, dan (3) analisis dokumentasi.Prosesanalisa datadilakukan mulaidari(1) reduksi data, (2) penyajiandata,dan (3) kesimpulan.Pengecekankeabsahan data dengan (1) triangulasi, (2) bahan referensi, (3) member cheks. Hasil penelitianini adalah (1) perencanaan pembelajaranPendidikanAgama Islamdisusun secarasistematis, melalui usaha bersama, diwujudkan dalam bentuk Silabus dan Rencana Pembelajaran PAI,(2) pelaksanaan pembelajaran PendidikanAgama Islamdalam pembentukan karakter peserta didik dilakukan secara konsisten sesuai dengan tahapan pembelajaran menanamkan nilai-nilai karakter secara langsung terpadu dengan Kompetensi Dasar (KD) dan secara tidak langsung melalui tindakan keteladanan, pengkondisian, rutin, dan spontan yang memberi dampak positif terhadap sikap peserta didik, (3) penilaian pembelajaran PendidikanAgama Islamterealisasi secara efektif melalui penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang hasilnya dideskripsikan dalam buku rapor dan nilai rata-rata atau secara umum peserta didik memiliki sikap yang baik. Dalam pembentukan karakter,peserta didik menjadi terbiasa dalam; hal (1) menerima dengan baik materi pelajaran agama Islam, (2) rutin berlatih mempraktikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, (3) bisa merasakan manfaat dalam ibadah yang dikerjakan bagi kehidupan pribadinya, (4) meningkatnya penghayatan pada nilai-nilai ajaran agama yang dimilikinya tercermin dalam prilakunya yang religius, (5) terbiasa menjalankan ibadah sebagai wujud dari ketaqwaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 25 Oct 2017 07:58
Last Modified: 25 Oct 2017 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item