PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM PERSPEKTIF EMHA AINUN NADJIB

Edwar, Basri (2021) PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM PERSPEKTIF EMHA AINUN NADJIB. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUSPUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Edwar_1611010339.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Islam ialah suatu ketentuan yang sudah Allah tentukan untuk setiap insan yaitu untuk ibadah hanya pada-Nya. Takkan ada wujud nyata tanpa adanya pola pikir yang menumbuhkan atau melahirkan kesadaran dalam dirinya bahwa semua itu sangat dibutuhkan untuk masa yang akan datang, untuk orang-orang yang ada pada masa depan, tentu dalam lingkungan masyarakat yang memang memiliki aturan yang sudah memiliki landasan serta patuh terhadap Allah SWT.Dalam proses semacam itu, Agama yang syarat dengan nilai- nilai sakral dan spiritual, perlahan tapi pasti, terus tergusur dari berbagai aspek kehidupan masyarakat. Kadang-kadang agama di pandang tidak relevan dan tidak signifikan lagi dalam kehidupan. Akibatnya, sebagaimana terlihat pada gejala umum masyarakat modern, kehidupan rohani semakin kering dan dangkal. Modernitas diakui telah membawa banyak sekali perubahan baik dalam bidang sains dan teknologi, lapangan hidup, dan perilaku masyarakat. Indikator paling menonjol dalam modernisasi adalah kecenderungan materialistik, individualistic dan hedonistic. Adanya penjelasan megenai apa yang diungkapkan tersebut, maka adapun tujuan dari sebuah penelitian ini yakni agar peneliti mampu mendapatkan pengetahuan tentang bagaimanakah“Pendidikan Spiritual Dalam Perspektif Emha Ainun Nadjib”.Dengan Latar Belakang masalah penelitian yang tertulis, maka penulis mengidentifikasi masalah yangberkaitan dengan judul yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu :“Bagaimana Pendidikan Spiritual Dalam Perspektif Emha Ainun Nadjib?”. Sesuai dengan karakteristik masalah yang diangkat, Penelitian ini merupakan sebuah penelitian pustaka atau (Library research), dengan menggunakan metode analisis isi (content analisis) yaitu dimanateknik analisis merupakan kesimpulan yang shahih dari sebuah buku atau dokument. Di mana dalam penemuan karekteristik pesan yang penggarapannya dilakukan secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan spiritual menurut Emha Ainun Nadjib tidak jauh berbeda dengan pendidikan spiritual menurut para ahli yang lainnya, dimana pendidikan spiritual iimenurut Emha Ainun Nadjib adalah suatu usaha yang dilakukan manusia untuk membersihkan jiwanya dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Adapun menurut perspektif Emha Ainun Nadjib terdapat tiga aspek-aspek pendidikan spiritual yaitu aspek akal, aspek qolbu, dan aspek ruhiyah (shohibu bayti). Dan pendidikan Ruhainah yaitu: 1. Hati (Qalbu), Akal, ( al-Aql ) dan Jiwa. Adapun Pendidik dan Guru di tinjau dari pendidikan Spiriual Emha Ainun Nadjib adalah Setiap murid memerlukan Guru yang dinamakan Mursyid. Kata Kunci: Pendidikan Spiritual menurut Emha Ainun Nadjib

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Dec 2021 05:09
Last Modified: 09 Dec 2021 05:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16640

Actions (login required)

View Item View Item