PERAN GURU PENDIDIKAN AGAM ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NU TEBAT JAYA KABUPATEN OKU TIMUR

AHMAD, BAGUS WAHYUDI (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAM ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NU TEBAT JAYA KABUPATEN OKU TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di masa pandemi Covid-19 di SMP NU Tebat Jaya Kabupaten Oku Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah guru PAI. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan dengan penghimpunan data, klarifikasi data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran guru PAI dalam mendidik siswa di waktu pandemi Covid-19 adalah jenis pendidikan yang digunakan guru PAI yaitu formal dan informal. Dan hal yang mendukung terhadap pembentukan akhlak yang pertama yaitu peran orang tua atau wali murid, kedua kecanggihan teknologi yang sekarang mempermudah guru dalam memantau siswa dan melihat perkembangan akhlak siswa. Sedangkan hal yang menghambat terhadap pembentukan akhlak yaitu sinyal dan koneksi internet, pribadi siswa serta orang tua siswa dan kontrol terhadap perilaku siswa selama di rumah. (1) Peran guru PAI dalam mengajar siswa di waktu pandemi Covid-19 dengan mengaitkan nilai-nilai karakter dan mengaitkan dengan ibadah siswa sehari-hari pada materi pelajaran PAI yang diajarkan. (2) Peran guru PAI dalam membimbing siswa di waktu pandemi Covid-19 adalah dengan menggunakan flyer-flyer yang guru sebarkan ke siswa kata-kata motivasi, kata-kata semangat, kata-kata Islami, nasehat dari tokoh- tokoh seperti dari Imam Ghozali, Imam Syafi’i, Khalifah Ali dll, ada juga kutupan-kutipan dari Al-Quran dan Hadist. Guru juga mengingatkan para siswa untuk selalu menjaga sholat wajib 5 waktu, jika ada siswa yang lalai dalam sholat wajib guru akan memberi teguran. (3) Peran guru PAI dalam mengarahkan siswa di waktu pandemi Covid-19 adalah dengan mengupayakan untuk mematuhi protokol kesehatan dalam beribadah. Program yang kreatif yang dibuat guru PAI dalam melakukan ibadah sunah saat hari Jum’at seperti membaca surat al-Kahfi dapat membentuk akhlakul karimah siswa. (4) Peran guru PAI dalam melatih siswa di waktu pandemi Covid-19 adalah dengan memberi teladan dan contoh yang baik kepada siswa yang berkaitan dengan ibadah supaya siswa dapat meniru apa yang telah dilakukan oleh guru termasuk dalam membaca al-Qu’an. Sedangkan untuk membiasakan siswa untuk giat beribadah selama dirumah, rajin belajar dan membantu orang tua, dengan cara list di grup WhatsApp. (5) Peran iiiguru PAI dalam menilai siswa di waktu pandemi Covid-19 adalah dengan menilai kedisiplinan mereka dalam mengumpulkan tugas dan lewat respon mereka dalam mengerjakan tugas, hal ini berpengaruh terhadap pembentukan akhlakul karimah. (6) Peran guru PAI dalam mengevaluasi di waktu pandemi Covid-19 aspek yang dievaluasi adalah penyampaian materi terhadap penerimaan anak yang berbedabeda, proses pembelajaran daring yang masih banyak kendala dan respon keaktifan di grup. Untuk mengatasi permasalahan yang ada guru PAI evaluasi yang dilakukan aalah membuat power poin dalam bentuk video tentang materi yang diajarkan, membuat ilm-ilm pendek terkait dengan materi dan mengajak siswa untuk rajin membaca tidak hanya mengandalkan penyampaian materi dari bapak/ibu guru saja. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Akhlak Karimah, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:26
Last Modified: 02 Dec 2021 05:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16593

Actions (login required)

View Item View Item