PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD/MI

VICKY, ADITYA PUTRA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI VICKY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan oleh peneliti memperoleh keterangan bahwa Pendidik sudah menggunakan Media pembelajaran berupa gambar dan video. sedangkan didalam video hanya terdapat materi saja sehingga interaktif antara pendidik dan peserta didik kurang. sementara peserta didik kelas V SD/MI membutuhkan media pembelajaran yang interaltif kemudian memiliki gambar bergerak, terdapat animasi, serta warna yang menarik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi articulate storyline pada pembelajaran tematik kelas V SD/MI, untuk mengetahui respon peserta didik dan pendidik tentang media interaktif yang dikembangkan di SD/MI. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media serta respon pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline memperoleh nilai rata-rata persentase dari ahli materi mencapai presentase 95% dengan kriteria “sangat layak”, ahli bahasa mencapai presentase 94% dengan kriteria “sangat layak”, ahli media mencapai presentase sebesar 97%. penilaian respon pendidik memperoleh presentase sebesar 88% dengan kriteria sangat layak, tahap uji coba skala kecil mendapatkan presentase keseluruhan sebesar 98% dengan kriteria sangat layak, uji coba skala besar mendapatkan presentase keseluruhan sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi articulate storyline yang telah peneliti kembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Media Pembelajaran interaktif, articulate storyline

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:57
Last Modified: 02 Dec 2021 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16590

Actions (login required)

View Item View Item