PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD/MI

Ahmad, Yusron Al Hadi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemui yaitu media audiovisual yang digunakan kurang menarik, karena hanya berisikan berupa slide share saja, sementara pembelajaran yang dilaksanakan secara daring ini membutuhkan media media audiovisual yang memiliki inovasi yang lebih menarik seperti media yang terdapat animasi didalamnya contohnya sparkol videoscribe. Tujuan dari penelitian ini adalah; Untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan serta kelayakan media pembelajaran sparkol videoscribe pada pembelajaran IPA kelas V SD/MI dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap sparkol videoscribe kelas V MIS Raden Intan Gadingrejo dan SDN 2 Wonodadi Pringsewu Penelitian ini merupakan Metode Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), and Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MIS Raden Intan Gadingrejo dan SDN 2 Wonodadi Pringsewu. Data dari penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli media, materi, dan bahasa pada sparkol videoscribe pembelajaran IPA termasuk dalam kategori sangat layak. Pada uji coba skala kecil di MI Raden Intan Gadingrejo dan SDN 2 Wonodadi Pringsewu yang dikutin oleh 20 peserta didik memperoleh presentase rata-rata 89,5%% dengan skor 1164 dan skor maksimal 1300. Pada uji coba lapangan skala besar di SDN 2 Wonodadi Pringsewu dan MIS Raden Intan Gadingrejo yang diikuti oleh 65 peserta didik memperoleh presentase rata-rata 90% dengan skor 3806 dan skor maksimal 4225. Berdasarkan angket respon yang telah diisi oleh peserta didik, hasil ini menempatkan sparkol videoscribe pada kriteria sangat menarik dan layak dijadikan media pembelajaran Kata Kunci: ADDIE, Sparkol Videoscribe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:18
Last Modified: 02 Dec 2021 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16586

Actions (login required)

View Item View Item