KOMUNIKASI DALAM PROGRAM SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) UNTUK MEWUJUDKAN KESEHATAN MASYARAKAT (Study Kasus di Kelurahan Sidowaluyo)

WILAN, PUTRI (2021) KOMUNIKASI DALAM PROGRAM SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) UNTUK MEWUJUDKAN KESEHATAN MASYARAKAT (Study Kasus di Kelurahan Sidowaluyo). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL WILAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK KOMUNIKASI DALAM PROGRAM SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) UNTUK MEWUJUDKAN KESEHATAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Kelurahan Sidowaluyo) Oleh Wilan Putri Program STBM adalah kegiatan untuk meningkatkan, mempertahankan, dan mewujudkan Kesehatan masyarakat melalui kondisi lingkungan yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat itu sendiri. Kondisi tersebut mencakup stop buang air besar sembarangan yang menjadi pilar pertama dalam program STBM. Dan untuk mewujudkannya memerlukan komunikasi yang efektif dalam mempengaruhi masyarakat tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui bagaimana komunikasi yang diterapkan oleh petugas STBM dalam mempengaruhi masyarakat untuk stop buang air besar sembarangan di Desa Sidowaluyo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil sampel 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi dan interview dan untuk menganalisis dari hasil penelitian penulis menggunakan metode analisa data. Untuk mengambil sampel peneliti menggunakan teknik purpose sampling. Metode komunikasi yang peneliti gunakan untuk mempengaruhi masyarakat dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pembuatan jamban dan penyuluhan adalah komunikasi kelompok. Hasil temuan penelitian yang peneliti temukan bahwa 99% masyarakat sudah menerapkan stop buang air besar sembarangan, artinya masyarakat sudah berhasil terpicu dengan komunikasi yang digunakan oleh petugas STBM. Hal ini dapat dilihat dari masyarakat Desa Sidowaluyo yang sudah stop mempraktekkan buang air besar sembarangan baik secara kepemilikan maupun secara akses, serta 99% sudah mempunyai jamban/WC dirumahnya. Kata Kunci : Komunikasi, Program STBM, Kesehatan Masyarakat, Stop Membuang Air Besar Sembarangan (BAB)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2021 07:44
Last Modified: 01 Dec 2021 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16584

Actions (login required)

View Item View Item