UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMPN 17 BANDAR LAMPUNG

HAMDAN, KHOIR (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMPN 17 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_HAMDAN KHOIR_1411010310.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sistem pendidikan nasional dikembangkan berdasarkan landasan filosofis, sosiologis, dan yuridis. Pancasila merupakan landasan utama yang berakar dari dua pandangan, yaitu pandangan tentang manusia Indonesia dan pandangan tentang pendidikan itu sendiri. Pendidikan memandang manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial. Pendidikan merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, dimana manusia dapat membina kepribadiannya dengan jalan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki sesuai dengan nilai- nilai yang ada di dalam masyarakat. Dengan demikian, dari nilai-nilai yang ada berlangsung suatu proses yang selaras dengan tujuan utama pendidikan yaitu mengembangkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui supervisi kepala SMPN 17 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan ilmu pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh langsung dari responden dari supervisi kepala sekolah yaitu dengan analisis data. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber atau metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi keagamaan peserta didik dalam sekolah tersebut telah melaksanakan upaya sesuai dengan prinsip-prinsip dan tugas-tugas dalam mengembangkan kompetensi keagamaan, Perlu pula ditekankan di sini bahwa pendidikan itu membuat peserta didik menjadi sopan, taat, jujur, hormat, setia, sosial, dan sebagainya. Mendidik adalah membantu peserta didik dengan penuh kesadaran dalam kewajiban mereka mengembangkan dan menumbuhkan diri untuk meningkatkan kemampuan serta peran dirinya sebagai individu, anggota masyarakat, dan umat Tuhan. Mendidik adalah upaya menciptakan situasi yang membuat peserta didik mau dan dapat belajar atas dorongan diri sendiri untuk mengembangkan bakat, pribadi, dan potensi-potensi lainnya secara optimal ke arah yang positif. Kata kunci: Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Kompetensi Keagamaan Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:43
Last Modified: 01 Dec 2021 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16573

Actions (login required)

View Item View Item