PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS FOCUSKY TERINTEGRASI NILAI NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI

MAYA, SARI SANDRIANI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS FOCUSKY TERINTEGRASI NILAI NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL MAYA SARI SANDRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan dari media pembelajaran audio visual berbasis focusky terintegrasi nilai nilai karakter pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implentasi), dan evaluation (evaluasi). Data yang diambil dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon pendidik, serta respon peserta didik. subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 2 Kupang Teba Bandar Lampung dan MI Miftahul Iman Keteguhan Bandar Lampung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, pendidik dan peserta didik untuk mengetahui kelayakan dari produk atau media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis focusky terintegrasi nilai nilai karakter pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran tematik kelas IV SD/MI. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan validasi ahli materi sebesar 92,3%, ahli media sebesar 81%, ahli bahasa 84%, tanggapan atau respon pendidik skala kecil 88,3%, pendidik skala besar 86,6%, tanggapan atau respon peserta didik skala kecil 93,4%, peserta didik skala besar 91% masuk ke dalam kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis focusky terintegrasi nilai nilai karakter pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran tematik kelas IV SD/MI. Kata Kunci: Focusky, Media audio Visual, Nilai Karakter, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:48
Last Modified: 01 Dec 2021 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16571

Actions (login required)

View Item View Item