IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE PADA KELAS VI DI SDN 1 TANJUNG RATU ILIR KECAMATAN WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH PADA MASA PANDEMI

ELIA, MERTAWATI (2021) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE PADA KELAS VI DI SDN 1 TANJUNG RATU ILIR KECAMATAN WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH PADA MASA PANDEMI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1& 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ELIA MERTAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kesulitan siswa dalam melaksanakan pembelajaran online, kurangnya fasilitas yang dimiliki siswa ketika belajar online, kuota internet yang tidak dapat dijangkau oleh semua siswa sinyal, handphone, menjadi kesuliitan atau kendala saat melaksanakan pembelajaran daring atau online. Penelitian bertujuan untuk mengtahui kendala yang sering muncul dalam pembelajaran berbasis online. Jenis penelitian adalah deskripsi kualitatif pengumpulan data dilakukan dengan metode penelitian yaitu observasi, wawancara,dokumentasi. Teknik analisa data reduksi data, display data, penarikan kesimpulan, menguji kebsahan data dengan menggunakan trianggulasi data diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif dan memberchek Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa kesulitan atau kendala yang dialami siswa selama dalam pembelajaran berbasis online kelas VIguru memberikan banyak sekali tugas yang tidak dijelaskan secara mendetail, keterbatasan alat komunikasi, terbatasnya fasilitas sekolah, kuota boros, sinyal tidak setabil,ketidak lancaran komunikasi antara siswa dengan guru,siswa kurang disiplin, siswa kurang termotivasi, menurunya semangat belajar siswa, masi sedikit siswa yang memiliki handphone pribadi, menurunya prestasi belajar siswa. Adapun cara yang digunakan siswa untuk meminimalisir kesulitan atau kendala dalam pembelajaran berbasis online kelas Vi Di Sd Negeri 1 Tanjung ratu ilir: memahami lagi,meminta bantuan orangtua,mengikuti les,bergabung dengan teman-teman yang memiliki handphone. Kata Kunci:Kesulitan Belajar, Pembelajaran Online Pada Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:12
Last Modified: 01 Dec 2021 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16568

Actions (login required)

View Item View Item