ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL- QUR’AN MAHASISWA ANGKATAN 2019 PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Yulinda, Septiana Dewi (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL- QUR’AN MAHASISWA ANGKATAN 2019 PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Yulinda Septiana Dewi_1711010311.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh beragamnya kemampuan mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Beragamnya kemampuan tersebut yaitu masih adanya beberapa mahasiswa PAI UIN Raden Intan Lampung yang belum menerapkan kaidah membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar ketika membaca ataupun menulis Al-Qur’an. Padahal seharusnya, sebagai calon guru pendidikan agama Islam, mahasiswa Pendidikan Agama Islam harus bisa membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar karena kelak akan dijadikan contoh oleh siswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan Purposive Random Sampling dari mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2019 yang telah mengambil mata kuliah Tahsinul Qur’an, Imla’ Khot dan Baca Tulis Al-Qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan dokumentasi untuk memperoleh data terkait kemampuan mahasiswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Data yang diperoleh dari hasil tes dilakukan analisis data berupa persentase hasil skor tes responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung dalam membaca Al-Qur’an termasuk kedalam kategori baik dengan rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an sebesar 77,3. Total hasil analisis mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam kemampuan membaca Al-Qur’an dengan persentase kategori 46% sangat baik, 23% kategori baik, 23% kategori cukup dan 8% kategori kurang. Sedangkan hasil kemampuan mahasiswa dalam menulis Al-Qur’an juga masuk kedalam kategori baik dengan rata-rata kemampuan menulis Al-Qur’an sebesar 73,3. Total hasil analisis mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam kemampuan menulis Al-Qur’an yaitu 24% kemampuan menulis Al-Qur’an mahasiswa berada pada kategori sangat baik, 57% kategori baik, dan 19% berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa sudah banyak yang mampu iimenguasai pemahaman tentang kaidah membaca dan menulis Al- Qur’an dan mampu menerapkan kaidah membaca dan menulis Al- Qur’an dalam praktiknya. Meskipun masih ada beberapa mahasiswa yang belum memahami ataupun menerapkan kaidah membaca dan menulis Al-Qur’an dengan benar dalam praktiknya. Kata Kunci: Mahasiswa PAI, Membaca Al-Qur’an, Menulis Al- Qur’an. iiiABSTRACT This research is motivated by the diverse abilities of Islamic Education students at UIN Raden Intan Lampung in reading and writing the Qur’an. The diversity of these abilities is there are some Islamic Education students at UIN Raden Intan Lampung who haven’t applied the rules of reading and writing the Qur’an properly and correctly when reading and writing the Qur’an. Whereas, as prospective teachers of islamic education should be able to read and write the Qur’an properly and correctly because later they will be used as examples by their students. The purpose of this research was to analyze the ability of Islamic Education Students at UIN Raden Intan Lampung in reading and writing the Qur’an. This research method uses descriptive quantitative research with data collection techniques using Purposive Random Sampling from Islamic Education students batch 2019 who have taken the courses of Tahsinul Qur’an, Imla’ Khot, and Read and Write the Qur’an. Data collection was carried out using tests and documents to obtain data related to students’ abilities in reading and writing the Qur’an The data obtained from the test results were analyzed in the form of the percentage of respondents’ test scores. The results showed that the ability of Islamic Education students at UIN Raden Intan Lampung in reading the Qur’an was included in the good category with an average ability to read the Qur’an of 77,3. The total results of the analysis of Islamic Education students in the ability to read the Qur’an with a percentage of 46% very good, 23% good category, 23% enough category and 8% less category. Meanwhile, the results of students’ ability to write the Qur’an are also in the good category with an average ability to write the Qur’an of 73,3. The total results of the analysis of Islamic Education students in the ability to write the Qur’an are 24% of students’ ability to write Al-Qur’an in the very good category, 57% in the good category, and 19% in the moderate category. Based on the result of the research, many students have been able the understanding the rule of reading and writing the Qur’an and they can apply the rules of reading and writing the Qur’an in practice. Although there are ivstudents who don’t understand or apply the rules of reading and writing the Qur’an correctly in practice. Keywords: Islamis Education Students, Reading the Qur’an, Writing the Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:56
Last Modified: 01 Dec 2021 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16567

Actions (login required)

View Item View Item