Ismatul, Hasanah (2021) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK Oleh Ismatul Hasanah Hasil belajar perlu ditingkatkan oleh setiap peserta didik, hal tersebut dapat mempengaruhi tercapai atau tidaknya proses pembelajaran. Berdasarkan prapenelitian yang dilakukan di SD Negeri Argopeni, Tanggamus menunjukkan bahwa hasil belajar tematik peserta didik kelas V masih cukup rendah karena adanya penerapan pembelajaran jarak jauh (daring). Rendahnya hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif untuk pembelajaran dimasa pandemi saat ini. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti menawarkan model pembelajaran Blended Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri Argopeni, Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Design yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Argopeni dengan jumlah populasi 54 peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas Eksperimen dan kelas VB sebagai kelas Kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah wawancara yang dilakukan pada saat prapenelitan dan tes berupa soal multiple choice untuk mengukur hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui uji hipotesis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh pada tabel diperoleh nilai sig (2-tailed) kurang dari batas kritis 0,05 yaitu (0,009 < 0,05), maka dapat diputuskan bahwa h1 diterima. Berdasarkan keputusan tersebut dapat diartikan bahwa ada pengaruh model Blended Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik. Kata Kunci : Model Blended Learning, Hasil Belajar Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 07:55 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 07:55 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16566 |
Actions (login required)
View Item |