PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Ismatul, Hasanah (2021) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK Oleh Ismatul Hasanah Hasil belajar perlu ditingkatkan oleh setiap peserta didik, hal tersebut dapat mempengaruhi tercapai atau tidaknya proses pembelajaran. Berdasarkan prapenelitian yang dilakukan di SD Negeri Argopeni, Tanggamus menunjukkan bahwa hasil belajar tematik peserta didik kelas V masih cukup rendah karena adanya penerapan pembelajaran jarak jauh (daring). Rendahnya hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif untuk pembelajaran dimasa pandemi saat ini. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti menawarkan model pembelajaran Blended Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri Argopeni, Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Design yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Argopeni dengan jumlah populasi 54 peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas Eksperimen dan kelas VB sebagai kelas Kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah wawancara yang dilakukan pada saat prapenelitan dan tes berupa soal multiple choice untuk mengukur hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui uji hipotesis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh pada tabel diperoleh nilai sig (2-tailed) kurang dari batas kritis 0,05 yaitu (0,009 < 0,05), maka dapat diputuskan bahwa h1 diterima. Berdasarkan keputusan tersebut dapat diartikan bahwa ada pengaruh model Blended Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik. Kata Kunci : Model Blended Learning, Hasil Belajar Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2021 07:55
Last Modified: 30 Nov 2021 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item View Item