PERAN KELUARGA DALAM MENDUKUNG KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SELAMA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

LARA, GUSTIARA (2021) PERAN KELUARGA DALAM MENDUKUNG KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SELAMA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kesiapan belajar merupakan suatu kondisi seseorang yang membuatnya siap untuk melakukan suatu kegiatan. Kesiapan diperlukan dalam proses belajar karena merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan seseorang dalam belajar. Peserta didik yang memiliki kesiapan belajar akan memperhatikan dan berusaha untuk mengingat apa yang telah diajarkan oleh guru, kesiapan belajar peserta didik tidak dapat diketahui melalui aspek kesiapan secara fisik, secara materi dan kesiapan secara mental melainkan aspek kesiapan secara kedewasaan dan kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Keluarga Dalam Mendukung Kesiapan Belajar Peserta Didik Kelas IX Selama Masa Pandemi Di SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diambil melaluii wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan keluarga peserta didik, peserta didik, guru BK serta wali kelas. Teknik analisis data penulis yaitu: reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan penulis menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Keluarga Dalam Mendukung Kesiapan Belajar Peserta Didik Kelas IX Selama Masa Pandemi Di SMP Negeri 34 Bandar Lampung, sudah dilaksanakan dengan baik terlihat peranan keluarga sebagai pendidik, motivator, fasilitator, dan mendukung peserta didik dalam kesulitan belajar di masa pandemi saat ini mengacu pada deskripsi diatas maka peran keluarga dalam mendukung kesiapan belajar peserta didik kelas IX selama masa pandemi di SMP Negeri 34 Bandar Lampung berjalan dengan baik dan sangat dibutuhkan. Kata Kunci : Kesiapan belajar, Keluarga, Masa Pendemi iiABSTRACT Readiness to learn is a condition of a person who makes him ready to carry out an activity. Readiness is needed in the learning process because it is one of the determinants of a person's success in learning. Students who have learning readiness will pay attention and try to remember what has been taught by the teacher, student learning readiness cannot be known through aspects of physical, material and mental readiness but aspects of maturity and intelligence readiness. This study aims to determine the role of the family in supporting learning readiness during the pandemic in students of SMP Negeri 34 Bandar Lampung. The method used in this study is a qualitative research using a descriptive approach. Data collection was taken through interviews, observations, and documentation involving the families of students, students, BK teachers and homeroom teachers. The author's data analysis techniques are: data reduction, data presentation, drawing conclusions and the author uses source and technique triangulation. Based on the results of this study, it shows that the role of the family in supporting the learning readiness of grade IX students during the pandemic. currently referring to the description above, the role of the family in supporting the learning readiness of class IX students during the pandemic at SMP Negeri 34 Bandar Lampung is going well and is very much needed. Keywords: Readiness to learn, Family, Pandemic Period

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2021 07:42
Last Modified: 30 Nov 2021 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16565

Actions (login required)

View Item View Item