PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO PADA MATERI ENERGI LISTRIK IPA KELAS VI DI TINGKAT SD/MI

WULAN, ADETIYA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO PADA MATERI ENERGI LISTRIK IPA KELAS VI DI TINGKAT SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  WULAN ADETIYA CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengembangkan media mobile learning berbasis android menggunakan android studio pada materi energi listrik kelas VI di tingkat SD/MI. Pengembangan ini dilakukan berdasarkan kebutuhan peserta didik karena terbatasnya media pembelajaran yang di sediakan sekolah pada pembelajaran IPA materi energy listrik di tengah perkembangan teknologi yang telah mempengaruhi dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahaui pengembangan media mobile learning berbasis android menggunakan android studio pada materi energy listrik IPA kelas VI di tingkat SD/MI, diharapkan dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran IPA khususnya pada materi energy listrik kelas IV di tingkat SD/MI. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan tahap penyebaran. Penelitian dilakukan di SDN 2 Wates Timur dan SDN 1 Tambahrejo oleh 10 peserta didik pada uji skala kecil dan 30 peserta didik pada uji skala besar disetiap sekolah. Media mobile learning berbasis android diuji kelayakanya dengan melakukan validasi produk kepada 2 ahli media dan 2 ahli materi IPA, serta berdasarkan respon angket peserta didik dan pendidik. Hasil validasi produk oleh ahli media dan materi pada penelitian media mobile learning berbasis android berturut-turut menunjukan persentase sebesar 82% dengan kategori sangat layak dan 81% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik menunjukan pesentase sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak dan 89% hasil respon angket pendidik dengan kategori sangat layak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil validasi media mobile learning berbasis android sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran IPA, (2) Pendidik dan Peserta didik memberikan respon baik terhadap media mobile learning berbasis android, dilihat dari pesertase angket respon pendidik dan peserta didik dengan kategori sangat layak. Kata Kunci: Media mobile learning, android, android studio

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:19
Last Modified: 29 Nov 2021 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16552

Actions (login required)

View Item View Item