“Tinjauan Hukum Islam Tentang Praktik Upah Pencabut Singkong (Studi Di Desa Kalicinta Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung Utara)

Darmiah, Darmiah (2021) “Tinjauan Hukum Islam Tentang Praktik Upah Pencabut Singkong (Studi Di Desa Kalicinta Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi DARMIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kalicinta adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung Utara. Mayoritas penduduk nya adalah seorang petani dan buruh, dimana pemilik kebun singkong membutuhkan jasa orang lain untuk membantu menanam,memberi pupuk, merawat, dan mencabut hasil panen singkongnya. Pada akad diawal pemilik kebun memberikan upahnya setelah masa panen, tetapi ia hanya memberikan upahnya dengan bon- bon an saja. Jika pekerja pencabut singkong tidak mengajukan bon, maka pemilik kebun tidak memberikan bon nya dan tidak semua bon yang diajukan oleh pekerja diberikan. Pada saat panen pekerja pencabut singkong tidak mengetahui berapa banyak singkong yang sudah dipanen karena pemilik kebun langsung membawa hasil panennya untuk dijualkan ke lapak-lapak yang biasanya ia jualkan. Hal ini tentu menimbulkan ketidakjelasan atas upah yang diberikan oleh pemilik kebun kepada pekerja pencabut singkong dan tidak adanya keterbukaan atas hasil panen singkongnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik pengupahan pekerja pencabut singkong di Desa Kalicinta Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung Utara, dan Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pengupahan pekerja pencabut singkong di Desa Kalicinta Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung Utara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pengupahan pekerja pencabut singkong dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan upah pencabut singkong. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pedekatan secara induktif. Penelitian ini berjenis Field Research (Penelitian Lapangan) yaitu melakukan penelitian dilapangan untuk memperoleh data dan informasi secara langsung yang dilakukan di Desa Kalicinta. Selain lapangan penelitian ini juga menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan literature yang ada di perpustakaan yang relevan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara yaitu metode pengumpulan data dimana peneliti mengajukan suatu pertanyaan langsung kepada responden. Tehnik pengumpulan data selanjutnya yaitu dengan dokumentasi mengenai hal-hal atau variabel berdasarkan catatan, transip, foto, surat kabar, majalah. Dokumen rapat dan agenda. Berdasarkan hasil penelitian dapat di kemukakan bahwa praktik pengupahan pekerja pencabut singkong di Desa Kalicinta mengandung unsur ketidakjelasan terhadap nominal upah yang diberikan kepada pekerja pencabut singkong dan tidak ada nya keterbukaan atas hasil panen singkong yang didapat. Sedangkan Tinjauan Hukum Islam perhadap praktik pengupahan pekerja pencabut singkong salah satu syarat ujrah yaitu harus ada kerelaan antara kedua belah pihak. Namun pekerja pencabut singkong tidak rela terhadap upah yang diberikan oleh pemilik kebun, karena pemilik kebun tidak transparan terkait hasil panennya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:22
Last Modified: 29 Nov 2021 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16549

Actions (login required)

View Item View Item