TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA JUAL BELI KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH (Studi Kasus BI Property Sumber Agung Kemiling Bandar Lampung)

Yoga, Irawan (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA JUAL BELI KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH (Studi Kasus BI Property Sumber Agung Kemiling Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YOGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Transaksi jual beli didasari dengan akad, sebab akad menjadi peran yang sangat penting dalam transaksi yang dilakukan bagi setiap orang. Jual beli rumah yang dilakukan oleh BI Property Sumber Agung Kemiling Bandar Lampung ialah jual beli rumah berbasis syariah dengan sistem jual beli kredit. Di mana, dalam prosesnya selalu menggunakan prinsip–prinsip syariah, mulai dari tahap awal konsumen memesan hingga sampai kepada tahap kepemilikkan rumah. Karena, akad yang digunakan ialah akad jual beli rumah berbasis syariah dan tahapan serta prosesnya tidak menggunakan sistem bunga, dan denda. Permasalahan yang sering timbul dalam proses jual beli berbasis syariah ialah pada konsumen yang sering telat membayar angsuran kredit rumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana penyelesaian kredit macet pada jual beli kredit kepemilikan rumah pada BI Property Sumber Agung Kemiling Bandar Lampung, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaiaan kredit macet pada jual beli kredit kepemilikan rumah pada BI Property Sumber Agung Kemiling Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini untuk meneliti dan mengetahui lebih jelas mengenai penyelesaian kredit macet pada jual beli kredit kepemilikan rumah pada BI Property Sumber Agung Kemiling Bandar Lampung dan tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan pengolahan data dilakukan melalui editing dan sistemasi data, analisis data secara kualitatif dengan mengunakan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa penyelesaian kredit macet pada jual beli kredit dalam kepemilikan rumah pada BI Property Sumber Agung Kemiling Bandar Lampung ialah Pertama, apabila terjadi tunggakan dalam tiap membayar maka diberi surat peringatan (SP) dan melakuan musyawarah sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak dengan catatan sesuai dengan harga yang di tentukan di awal dan tentunya dalam jangka waktu penunggakan berkisar antara 3 bulan dan juga tidak adanya biaya tambahan kecuali dari beberapa aspek yang sudah disetujui di awal. Kedua, dalam kurun waktu 5 bulan tidak ada perkembangan setelah dilakukannya musyawarah maka dianggap mundur dan akan men-takeover rumah tersebut ke orang lain dan hasil penjualan dikembalikan utuh kekonsumen sebelumnya sejak dilakukannya iitransaksi. Tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian kredit macet pada jual beli kredit dalam kepemilikan rumah pada BI Property Sumber Agung Kemiling Bandar Lampung. sesuai dalam Islam karena, upaya penyelesaian masalah yang diberikan oleh BI Property pun sesuai dengan prinsip syariat Islam, karena tidak ada unsur merugikan satu pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:33
Last Modified: 25 Nov 2021 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16540

Actions (login required)

View Item View Item