PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN 1 BANDAR LAMPUNG

AYU, PEPI INDRIYANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AYU PEPI INDRIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Tematik Kelas IV Di MIN 1 Bandar Lampung Oleh Ayu pepi Indriyani Berdasarkan data hasil pra penelitian yang telah dilakukan di MIN 1 Bandar lampung menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah. Pendidik telah menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang bervariasi tetapi hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah. Berdasarkan persoalan tersebut maka penulis menawarkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment Desain dengan jenis penelitian pretest-posttest control grub desain. Populasi dalam penenlitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah uji-t. Pengelolahan data dari hasil uji normalitas dan homogenitas dihitung dengan menggunakan microsof excel, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelas sampel tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil posttest thitung sebesar 2.851 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2.008 dengan kesimpulan Ho ditolak sehingga H1 diterima. Dengan demikian hasil uji-t menyatakan bahwa H1 diterima yaitu ada (terdapat) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:14
Last Modified: 24 Nov 2021 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16535

Actions (login required)

View Item View Item