ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR

Hasip, Baitul Khoriah (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (92MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HASIP BK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (92MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Matematika merupakan sarana untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu dikuasai dengan baik, namun sebagian besar peserta didik menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit diperkuat dengan hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas IV SD Negeri Karya Basuki, diharapkan dapat memberikan masukan untuk tindakan lebih lanjut untuk mengatasi kesulitan belajar matematika materi pecahan dengan tepat yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV tahun ajaran 2021/2022 SD Negeri Karya Basuki. Peneliti mengambil 6 peserta didik yang dijadikan sebagai sampel yang dipilih berdasarkan kriteria kemampuan tinggi, sedan dan rendah masing-masing 2 peserta didik dari setiap kriteria. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal diantaranya, intelegensi, minat belajar, kesehatan tubuh dan motivasi belajar. Faktor eksternal diantaranya kurangnya perhatian orang tua, penyajian materi pembelajaran kurang menarik, metode pembelajaran kurang bervariasi dan media pembelajaran digunakan. Rekomendasi upaya untuk mengatasi kesulitan belajar berasal dari peserta didik dilakukan dengan menciptakan conditional, kesulitan yang berasal dari sistem pembelajaran dan metode belajar dilakukan dengan melakukan melakukan remedial. Kesulitan belajar matematika pada materi pecahan yang dialami peserta didik disebabkan oleh kesulitan dalam pemahaman visual dimana peserta didik kesulitan membedakan serta membaca tanda-tanda dan simbol-simbol matematika. Peserta didik juga mengalami kesulitan dalam mengoprasikan bilangan meskipun sederhana. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Faktor-Faktor Kesulitan Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:04
Last Modified: 24 Nov 2021 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16534

Actions (login required)

View Item View Item