PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BESERTA FEEDBACK PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD/MI

DYAH, AJENG KUSUMANINGRUM (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BESERTA FEEDBACK PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of DYAH AJENG KUSUMANINGRUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe beserta feedback bertujuan untuk mengatahui bagaimana kelayakan dan kemenarikan pengembangan media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe beserta feedback pada mata pelajaran IPA tema pana dan perpindahannya kelas V SD/MI serta penilian peserta didik dan pendidik. media pembelajaran ini diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar disekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan research and development (R&D) dengan model brog and gall meliputi 7 langkah: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk.teknik pengumpulan data meliputi wawancara, sebar angkket/kuisioner dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, media pembelajaran yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi presentase rata-rata sebesar 88,80% , ahli media presentase rata-rata sebesar 84,166%. Untuk penilaian respon penddik presentase rata-rata sebesar 84.00% dengan kategori “sangat menarik” dan dapat digunakan. Dilakukan uji coba kelompok kecil di MIN 8 Bandar Lampung terdiri 10 peserta didik presebtase rata-rata sebesar 86.91%, kategori „sangat menarik”. Uji coba kelompok besar di SDIT Permata Bunda II Bandar Lampung terdiri 30 peserta didik presentase rata-rata sebesar 87,36%, kategori “sangat menarik” Kata kunci :Feedback, IPA, Media Pembelajaran, Pengembangan, Sparkol Videoscribe, Tema Panas dan Perpindahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:39
Last Modified: 23 Nov 2021 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16526

Actions (login required)

View Item View Item