PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD/MI

Taufan, Septian Aryananda (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TAUFAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses perkembangan media pembelajaran sparkol videoscribe pokok bahasan IPA materi gaya dan gerak kelas IV SD/MI, mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran sparkol videoscribe pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak, serta untuk mengetahui respon peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Penelitian inimenggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada tahapan model Borg and Gall yang kemudian dibatasi menjadi tujuh langkah dari sepuluh langkah, yang mencakup potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk berupa video pembelajaran sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini didasarkan melalui skor penilaian yang diperoleh dari ahli materi mencapai persentase 92,1%, dari ahli media mencapai persentase 89%, ahli bahasa mencapai persentase 89,1%, respon pendidik dari MIN 4 Bandar Lampung dan SD N 3 Kresnomulyo media mencapai persentase 90%. Selanjutnya pada uji coba skala kecil memperoleh penilaian persentase 87,6%. Uji coba skala besar memperoleh penilaian persentase 89,1%. Hasil penelitian hasil belajar kognitif berupa tes soal dalam pembelajaran IPA materi gaya dan gerak menggunakan media berbasis Sparkol Videoscribe pada indikator C1 (mengingat) mendapat persentase 94,5%, C2 (memahami) 97,5%, C3 (menerapkan), C4 (menganalisis) 94,5%. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada materi gaya dan gerak sangat baik atau sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:20
Last Modified: 23 Nov 2021 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16525

Actions (login required)

View Item View Item