TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROMO HARGA MURAH MENYAMBUT NATAL (Studi pada PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Bandar Lampung)

Fitrilia, Adyan (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROMO HARGA MURAH MENYAMBUT NATAL (Studi pada PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Zaman yang serba modern ini jual beli ada di dalam kehidupan kita sehari -hari. Namun seiring berjalannya waktu praktek jual beli tidak hanya berlaku di pasar tradisional saja melainkan sudah mulai maju dan dibuatlah mall-mall besar yang sudah menjual segala kebutuhan kita sehari hari tidak terkecuali promo yang ditawarkan Ramayana Bandar Lampung .Promo adalah salah satu yang sering ditawarkan oleh penjual kepada pembeli, namun ada kalanya juga ada promo yang besar bahkan sangat besar di penghujung tahun atau di hari raya tertentu tidak terkecuali hari raya Natal. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik penerapan promo harga murah menyambut Natal di Ramayana Lestari Tbk. Badar lampung dan bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik penerapan promo harga murah menyambut Natal di Ramayana Lestari Tbk. Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan masalah secara normatif dan empiris, adapun data yang dipergunakan terdiri dari dua jenis yaitu data skunder dan data primer, yang diperoleh dengan cara studi pustaka dan studi lapangan, sedangkan analisis data yang digunakan penulis adalah analisis kualitatif yaitu dengan menguraikan dalam bentuk kalimat yang selanjutnya diadakan pembahasan terhadapan masalah yang diteliti. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa praktik penerapan promo harga murah menyambut Natal di PT. Ramayana Lestari Sentosa Bandar Lampung sudah memenuhi syarat jual beli dan tidak menggunakan kecurangan di dalam setiap penjualannya dan untuk Tinjauan hukum Islam mengenai praktik penerapan promo harga murah menyambut Natal di PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Bandar Lampung, yaitu diperbolehkan karena telah sesuai dengan syariahyakni adanya penjual dan pembeli, akad yang ada di Ramayana Bandar lampung sudah memenuhi syarat dan barang barang yang ada di Ramayana juga bukan barang yang sudah rusak serta tidak terdapat unsur�unsur yang dilarang dalam jual beli dan tidak menipu konsumennya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:04
Last Modified: 22 Nov 2021 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16504

Actions (login required)

View Item View Item