STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

RIA, PUTRI FEBRIYANI (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI FIXX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang dilakukan didalam skripsi ini diltar belakangi oleh kasus-kasus yang terjadi pada peserta didik yang berperilaku negatif dan kurang dalam perihal kereligiusan. Guru PAI merupakan pusat atau sentral dalam pembinaan pengetahuan dan pengamalan keagamaan para peserta didik. Oleh karena itu guru PAI dituntut untuk melaksanakan strategi-strategi khusus untuk menanggulangi permasalah ini yaitu kereligiusan supaya mengurangi dan mencegah para peserta didik melakukan perilaku negatf yang dapat merugikan pihak sekolah dan lingkungan masyarakat. Skripsi ini mengkaji bagaimana strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan religius peserta didik di SMK Negeri 2 Bandar Lampung dengan fokus penelitian : (1). Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan religius peserta didik di SMK Negeri 2 Bandar Lampung ? (2). Apa saja kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan religius peserta didik di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini meliputi : (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatakan religiusitas di SMK Negeri 2 Bandar Lampung (2) Untuk Mengetahui kendala yang dihadapi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan religiusitas di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah selanjutnya adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi Guru yang dilakukan PAI dalam Meningkatkan Religius Siswa di SMKN 2 Bandar Lampung sebagai berikut :Strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan religius peserta didik meliputi kegiatan pembelajaran di kelas dan diluar kelas. 1. Didalam kelas guru menyampaikan materi pembelajaran menggunakan metode internalisasi nilai yang iidiwujudkan dengan menggunakan metode ceramah dan metode keteladanan. Guru PAI juga bekerja sama dengan pihak sekolah untuk membuat program-program yaitu diluar kelas seperti : sholat dhuhur berjamaah, kegiatan PHBI, pembiasaan doa dan tilawah Al- Qur’an sebelum belajar, infaq setiap hari, program belajar baca Al- Qur’an bagi siswa yang belum bisa membaca. Dalam kondisi pandemi saat ini mengakibatkan pola pembelajaran yang berubah menjadi pembelajaran online. Sehingganya seluruh program dialihkan sementara seperti pembelajran dilkelas dilakukan secara online seperti mengirim video, pengalihan sholat dhuhur berjamaah menjadi jurnal sholat/jurnal ramadhan, infaq dialihkan menjadi penggalangan dana atau kegiatan sosial, dan alternatif lain yang dilakukan guna tetap bejalanya kegiatan kereligiusan disekolah. Adapun Kendala dalam meningkatkan religius peserta didik, meliputi, Belum terselesainya pembangunan masjid, Banyaknya kasus anak-anak yang belum bisa membaca Al-Qur’an, Keluarga dan lingkungan sekitar, Perkembangan IPTEK, Diri peserta didik itu sendiri, dan terkhir kuota atau jaringan internet. Kata kunci : Peserta Didik, Religius, Strategi Guru PAI,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:03
Last Modified: 19 Nov 2021 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16493

Actions (login required)

View Item View Item