PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) TERHADAP KEMAMPUAN OBSERVASI DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Fira, Fitria (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) TERHADAP KEMAMPUAN OBSERVASI DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (490kB)
[thumbnail of FIRA SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) TERHADAP KEMAMPUAN OBSERVASI DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI Oleh Fira Fitria Kemampuan observasi serta sikap ilmiah peserta didik yang sangat baik mencirikan bahwa proses pembelajaran biologi di sekolah sudah berjalan dengan baik. Namun, fakta di lapangan ditemukan bahwa kemampuan observasi dan sikap ilmiah peserta didik dalam kategori kurang baik, sehingga perlu ditingkatkan. Solusi yang dapat diberikan adalah dengan memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model POGIL terhadap kemampuan observasi dan sikap ilmiah peserta didik. Metode penelitian quasy experiment dengan posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Tunas Bangsa Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan angket sikap ilmiah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik parametrik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model POGIL terhadap kemampuan observasi peserta didik dengan nilai sig. 0,000<0,05, 2) Ada pengaruh model POGIL iiterhadap sikap ilmiah peserta didik dengan nilai sig. 0,000<0,05, 3) Ada pengaruh model POGIL terhadap kemampuan observasi dan sikap ilmiah peserta didik dengan nilai sig. 0,000<0,05. Pembelajaran dengan model POGIL akan memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan observasi dan sikap ilmiah peserta didik. Kata Kunci: Model POGIL, Kemampuan Observasi, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:42
Last Modified: 19 Nov 2021 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16486

Actions (login required)

View Item View Item