PENGARUH PEMAHAMAN SANTRI DAN PELAJAR MENGENAI PERBANKAN SYARI’AH TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK PERBANKAN SYARI’AH (Studi di Pondok Pesantren Al Hikmah Bandarlampung Dan MAN 1 Pringsewu)

NINA, EKA SEPTIYANI (2021) PENGARUH PEMAHAMAN SANTRI DAN PELAJAR MENGENAI PERBANKAN SYARI’AH TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK PERBANKAN SYARI’AH (Studi di Pondok Pesantren Al Hikmah Bandarlampung Dan MAN 1 Pringsewu). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NINA EKA SEPTIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMAHAMAN SANTRI DAN PELAJAR MENGENAI PERBANKAN SYARI’AH TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK PERBANKAN SYARI’AH (Studi di Pondok Pesantren Al Hikmah Bandarlampung Dan MAN 1 Pringsewu) NINA EKA SEPTIYANI Perkembangan Bank syariah pada saat ini telah berkembang secara signifikan, dan disambut baik oleh masyarakat khususnya masyarakat muslim dan pondok pesantren. meraka beranggapan bahwa bunga bank termasuk dalam kategori riba, sehingga sebagian besar masyarakat muslim dan pondok pesantren tidak ingin melakukan transaksi dengan bank konvensional. Kendati demikian masih banyak pula masyarakat muslin dan pondok pesantren yang masih menggunakan transaksi bank konvensional, hal ini dikarenakan adanya asumsi bahwa sistem transaksi bank syariah masih sama dengan sistem transaksi bank konvensional. Oleh karena itu disini peneliti ingin melakukan sebuah peneltian tetang pemahaman santri dan pelajar mengenai perbankan syari’ah terhadap minat memilih produk Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pengetahuan Santri Tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah. Dalam penilitian ini menggunakan satu variabel terikat dan satu variabel bebas, Pengetahuan tentang perbankan syariah dan Minat Memilih (Y) . Penulisan skripsi ini menggunakan metode kuantitatif untuk memperoleh data primer dengan cara memberikan kuesioner kepada responden lalu diolah menggunakan regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: Terdapat pengaruh antara variabel pengetahuan Santri Pondok Pesantren Al-Hikamah dan MAN 1 Al-hikmah tentang perbankan syariah (X) terhadap minat memilih produk bank syariah (Y). Hal ini dapat diketahui dari nilai signifikansi variabel pengetahuan santri dan pelajar tentang bank syariah sebesar 0,000 atau lebih kecil dari tingkat kepercayaan 0,05 dan terdapat pengaruh yang positif antara variabel pengetahuan pelajar tentang perbankan syariah (X) terhadap minat memilih produk bank syariah (Y). Hal ini dapat diketahui dari nilai koefisien regresi (b) variabel pengetahuan santri MA Al-hikmah pada Unstandardized Coefficients yang bernilai positif yakni 0,192, dan regresi (b) variabel pengetahuan santri MAN 1 Pringsewu pada Unstandardized Coefficients yang bernilai positif yakni 0,250, Kata Kunci: Perbankan Syari’ah, Minat, Produk Perbankan Syari’ah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:24
Last Modified: 19 Nov 2021 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16482

Actions (login required)

View Item View Item