EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI MELALUI ONLINE DI MADRASAH IBTIDAIYAH MASYARIQUL ANWAR (MIMA) IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

ANNISA, LUTHFIA ROMADHONA HR (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI MELALUI ONLINE DI MADRASAH IBTIDAIYAH MASYARIQUL ANWAR (MIMA) IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Efektivitas pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru yang memotivasi peserta didik dengan menggunakan pendekatan dan strategi khusus untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran dengan baik. Suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila terlaksana dengan baik dan tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Proses pembelajaran di MIMA IV Sukabumi Bandar Lampung dilaksanakan melalui online dikarenakan adanya pandemi dan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Dalam pembelajaran online tersebut banyak menimbulkan keresahan dari orang tua dan peserta didik yang membuat peserta didik menjadi kurang dalam memahami pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana persiapan pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran PAI melalui online di MIMA IV Sukabumi Bandar Lampung, bagaimana keefektifan pelaksanaan pembelajaran PAI melalui online di MIMA IV Sukabumi Bandar Lampung, faktor pendukung dan faktor penghambat peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran PAI melalui online di MIMA IV Sukabumi Bandar Lampung. Dengan demikian penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui persiapan pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran PAI melalui online di MIMA IV Sukabumi Bandar Lampung, untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan pembelajaran PAI melalui online di MIMA IV Sukabumi Bandar Lampung, dan untuk menetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran PAI melalui online di MIMA IV Sukabumi Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilihat dari proses pembelajaran melalui online, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI melalui online. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh langsung dari responden yaitu kepala sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder diambil dari dokumentasi sekolah. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI melalui online di MIMA IV Sukabumi Bandar Lampung belum efektif. Selama pembelajaran online dilakukan melalui perangkat iiaplikasi group WhatsApp dengan memberikan tugas-tugas harian dan mengirim foto materi pelajaran saja membuat peserta didik kurang dalam memahami materi. Kendala kuota yang kurang dan sinyal kurang mendukung saat pembelajaran sedang berlangsung. Faktor penghambat lain juga yaitu tidak semua peserta didik memiliki handphone. Dan masih banyak orang tua yang sibuk bekerja sehingga tidak dapat menemani dan mengawasi anaknya saat melakukan pembelajaran online di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Nov 2021 04:16
Last Modified: 18 Nov 2021 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16469

Actions (login required)

View Item View Item