ANALISIS UPAH BURUH WANITA DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN KELUARGA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study pada Industri Pengolahan Kerupuk di Desa Gaya Baru II)

NUR, HIDAYATULLAH (2021) ANALISIS UPAH BURUH WANITA DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN KELUARGA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study pada Industri Pengolahan Kerupuk di Desa Gaya Baru II). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tingginya angka kemiskinan pada keluarga prasejahtera, mengakibatkan seluruh anggota keluarga ikut terlibat untuk meningkatkan perekonomian keluarga tak terkecuali membutuhkan peran serta dari seorang wanita. Dalam mencapai kesejahteraan perekonomian keluarga perlu adanya sumber pendapatan tambahan sehingga peran wanita dibutuhkan. Peran wanita dalam memenuhi kebutuhan ekonomi menjadi suatu keharusan, akibat semakin mendesaknya kebutuhan hidup. Sulitnya keadaan ekonomi keluarga sering kali membuat wanita ikut serta untuk menambah pendapatan karena tidak dapat mencukupi kebutuhan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran buruh wanita yang bekerja sebagai buruh dalam menunjang perekonomian keluarga pada Industri Pengolahan Kerupuk di Desa Gaya Baru II. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (Field Resrarch) dengan sifat penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri atas tiga alur aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari pembahasan, maka dapat disimpulkan: 1) Upah buruh wanita di Desa Gaya Baru II Kecamatan Seputih Surabaya memiliki peran dalam menunjang kesejahteraan ekonomi rumah tangga, terutama pada aspek pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, kelengkapan rumah tangga, biaya pendidikan anak-anak dan kebutuhan lainnya. 2) Dalam ekonomi islam istri diperbolehkan untuk bekerja karena salah satu wujud bakti membantu suami dalam mencari nafkah untuk kelurga. Yang dimana hal tersebut mendapat izin dan restu dari suami sebelum memulai pekerjaan. Kata Kunci: upah, buruh wanita, ekonomi keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:06
Last Modified: 18 Nov 2021 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16455

Actions (login required)

View Item View Item