ANALISIS HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PENEMPATAN WAKTU KERJA BAGI PEREMPUAN (Studi Kasus PT. Budi Starch Dan Sweetener Divisi Tapioka Desa Gedung Ketapang, Kecamatan Sungkai Selatan, Kabupaten Lampung Utara)

FUJI, ALIA RAHMA (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PENEMPATAN WAKTU KERJA BAGI PEREMPUAN (Studi Kasus PT. Budi Starch Dan Sweetener Divisi Tapioka Desa Gedung Ketapang, Kecamatan Sungkai Selatan, Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Negara Indonesia juga mengatur berkaitan penempatan waktu kerja perempuan dilihat dari segi Hukum Islam perempuan diperbolehkan bekerja dengan syarat-syarat yang harus dilakukan tertera di dalam Al Qur’an dan Hadist. Sedangkan menurut Hukum Positif perempuan juga diperbolehkan bahwa setiap perusahaan harus mengikuti aturan yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem penempatan waktu kerja perempuan pada PT. Budi Starch dan Sweetener Divisi Tapioka Desa Gedung Ketapang, Kecamatan Sungkai Selatan, Kabupaten Lampung Utara? dan bagaimana pandangan Hukum Islam dan Hukum Positif tentang sistem penempatan waktu kerja bagi perempuan pada PT. Budi Starch dan Sweetener Divisi Tapioka Desa Gedung Ketapang, Kecamatan Sungkai Selatan, Kabupaten Lampung Utara?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui sistem penempatan waktu kerja perempuan pada PT. Budi Starch dan Sweetener Divisi Tapioka Desa Gedung Ketapang, Kecamatan Sungkai Selatan, Kabupaten Lampung Utara dan Untuk Mengetahui pandangan Hukum Islam dan Hukum Positif tentang sistem penempatan waktu kerja bagi perempuan pada PT. Budi Starch dan Sweetener Divisi Tapioka Desa Gedung Ketapang, Kecamatan Sungkai Selatan, Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Reasearch) yang bersifat deskriptif analisis komparatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai sistem penempatan waktu kerja bagi perempuan, sedangkan data sekunder berupa teori-teori serta data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi dan monografi desa. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendiskripsikan sistem penempatan waktu kerja bagi perempuan. Adapun Hasil penelitian menunjukan bahwa secara efektif penempatan waktu kerja perempuan pada PT. Budi Starch dan Sweetener Divisi Tapioka Desa Gedung Ketapang, Kecamatan iii Sungkai Selatan, Kabupaten Lampung Utara sistem penempatan waktu kerja perempuan sudah terealisasikan seadanya saja, dikarenakan hanya mengugurkan kewajiban perusahaan dengan kriteria pekerja/buruh perempuan. Kemudian pandangan Hukum Islam dan Hukum Positif Berdasarkan sistem penempatan waktu kerja perempuan diduga sudah sesuai namun saja bagian buruh harian banyak ketimpangan yang dirasakan yakni dalam pembagian waktu yang kurang efisien. Adapun perbedaan dan persamaan mengenai pandangan Hukum Islam dan Hukum Positif tentang penempatan waktu kerja tersebut yakni perbedaannya terdapat diantara karyawan tetap dan karyawan lepas dalam unsur waktu kerja, upah dan tunjangannya dan di dalam Hukum Islam tidak di perbolehkan bekerja malam kecuali memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan sedangkan persamaannya yakni terdapat adanya aturan membolehkan perempuan bekerja. Kata Kunci : Hukum Islam, Hukum Positif, Perempuan, Sistem Penempatan Waktu Kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:22
Last Modified: 17 Nov 2021 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16448

Actions (login required)

View Item View Item