PENGARUH PERILAKU HEDONIS DAN PRESTISE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG BRANDED BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Barang Branded di Bandar Lampung)

Desi, Kurniawati (2021) PENGARUH PERILAKU HEDONIS DAN PRESTISE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG BRANDED BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Barang Branded di Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN BAB 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Membeli barang branded lokal atau internasional adalah salah satu keinginan mahasiswa di kota bandar lampung tak hanya itu mahasiswa juga suka bersosialisai diluar rumah untuk menghilangkan penat nya kuliah . Hal ini didukung oleh pengaruh sosial media dan e�commere, perkembangan fashion dan tren juga menjadi pendukung keinginan seseorang untuk mempunyai barang branded tersebut dengan alasan ingin terlihat lebih modis dan update, tidak hanya itu mahasiswa juga membeli barang tersebut karena nyaman dan sesuai dengan kepribadian dirinya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Faktor apakah yang mempengaruhi pembelian barang branded, Apakah pembelian barang branded dapat meningkatkan citra prestise, Bagaimana pandangan ekonomi islam mengenai pembelian barang branded tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh hedonis dan prestise mengenai pembelian barang branded yang cukup menguras kantong bagi mahasiswa, Untuk mengetahui apakah setelah mereka membeli barang tersebut akan mendapatkan citra prestise dari lingkungan sekitar, untuk mengetahui alasan dan manfaat dari mahasiswa membeli barang branded tersebut dan untuk mengetahui pandangan islam mengenai pembelian barang branded yang memiliki harga tinggi dan tidak boleh berlebihan dalam membeli barang tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data adalah data primer dan menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel perilaku hedonis berpengaruh positif dan signifikasi terhadap keputusan pembelian barang branded dengan nilai sig 0.005 < 0.05 dan nilai 2.869 > 1.987 . Variabel prestise tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian barang branded dengan nilai sig iii 0.421 > 0.05 dan nilai 0.809 < 1.987 . Sementara secara simultan perilaku hedonis dan prestise berpengaruh terhadap pembelian barang branded, dibuktikan nilai f hitung didapat 9.324 > yaitu 3.09 dengan tingkat signifikasi 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiwa suka mengikuti tren dan selalu ingin tampil modis, akan tetapi mahasiswa menjadi merasa kurang nyaman apabila menjadi pusat perhatian dan pujian sekitar ketika berada di publik. Menurut pandangan islam sendiri tidak boleh memiliki perilaku mubadzir dalam membeli barang bermerek dan menghamburkan uang, diperbolehkan apabila semua kewajiban sudah terlaksana seperti sedekah dan zakat, sedangkan dalam membeli barang baiknya agar tidak berlebihan dan sesuai dengan kemampuan finansial kita. Kata kunci :Perilaku hedonis, prestise, dan keputusan pembelian barang branded

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:13
Last Modified: 16 Nov 2021 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16429

Actions (login required)

View Item View Item