PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKUBERBASIS LKPD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8

TRIA, ANGGRELIA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKUBERBASIS LKPD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKUBERBASIS LKPD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 ABSTRAK Berdasarkan latar belakang dari penelitian ini penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar masih kurang sehingga perlu dikembangkan sebuah produk berupa buku saku berbasis LKPD sebagai media pembelajaran. Dalam penelitian ini maka peneliti merumuskan masalah yaitu: Bagaimanakah pengembangan Media Pembelajaran Buku saku Berbasis LKPD untuk meningkatkan pemahaman pada pembelajaran tematik. Bagaimanakah kelayakan media pembelajaran buku saku pada pembelajaran tematik. Bagaimanakah respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran buku saku berbasis LKPD untuk meningkatkan pemahaman pada pembelajaran Tematik. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengembangan media pembelajaran buku saku berbasis LKPD untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran tematik pada tema 8. Mengetahui kelayakan media pembelajaran buku saku berbasis LKPD pada pembelajaran tematik.Mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran buku saku berbasis LKPD untuk meningkatkan pemahaman pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu analysis, design, development, implementasi, dan evaluasi. Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli bahasa, 2 pendidik kelas 4 dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku saku Berbasis LKPD memperoleh nilai rata-rata persentase ahli materi sebesar 83,63% dengan kategori sangat layak ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 84,11% dengan kategori sangat layak ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 88,3% dengan kategori sangat layak dan respon peserta didik uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase keseluruhan sebesar 88,5% dengan kategori layak, uji coba kelompok besar mendapatkan iipersentase keseluruhan sebesar 87,8% dengan kategori layak. Hal ini menunjukkan bahwa saku Berbasis LKPD yang telah peneliti kembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Buku Saku, Media Pembelajaran, Pemahaman. iiiDEVELOPMENT OF STUDY-BASED POCKET LEARNINGMEDIA TO IMPROVE THEMATIC LEARNINGUNDERSTANDING OF THEMES 8 ABSTRACT Based on the background of this research, the use of instructional media in teaching and learning activities is necessary to develop a product in the form of a pocket book based on LKPD as a learning medium. In this study, the researchers formulated the problem, namely: How to develop LKPD-based pocketbook learning media to improve understanding in thematic learning. What is the feasibility of pocket book learning media in Thematic learning. What is the response of educators and students to lkpd- based pocket book learning media to improve understanding of thematic learning. This study aims to determine the development of LKPD-based pocket book learning media to improve understanding of Thematic learning on theme 8. Determine the feasibility of LKPD-based pocketbook learning media in Thematic learning. Knowing the responses of educators and students to LKPD-based pocket book learning media to improve understanding of thematic learning. The research method used is research development or Research and Development with the ADDIE model which includes 5 steps, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The product feasibility test was carried out by several validators, namely 2 material experts, 2 media experts, 2 linguists, 2 grade 4 educators and field trials on grade 4 students. The results showed that the LKPD-based pocket book obtained an average percentage value of material experts of 83,63% with the very worthy media expert category obtained an average percentage value of 84,11% with the category very worthy linguists obtained an average percentage value of 88,3% with the category very worthy and the responses of students in the small group trial get an overall percentage of 88,5% with the feasible category, the small group trial gets an overall percentage of 87,8% with the ivfeasible category. This shows that the pocket based LKPD that the researcher has developed worthy is used as a learning medium. Keywords: Pocket Book, Learning Media, Understanding.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:14
Last Modified: 16 Nov 2021 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16428

Actions (login required)

View Item View Item