TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM PENGUPAHAN BURUH ( Studi Pada Rumah Pemotongan Ayam Desa Talang Baru Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan )

Mutiara, Latifah (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISTEM PENGUPAHAN BURUH ( Studi Pada Rumah Pemotongan Ayam Desa Talang Baru Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Bekerja menjadi buruh di Rumah Pemotongan Ayam (RPA) merupakan pekerjaan yang sudah lama dilakukan oleh masyarakat Desa Talang Baru. Dalam perjanjian kerja di Rumah Pemotongan Ayam ini dilakukan secara lisan dan tertulis yakni pekerja/buruh diberikan upah setiap dua minggu sekali. Pekerja/buruh tersebut diberikan upah dengan hitungan perekor ayam yang dikerjakan dan upahnya tersebut sebesar RP 800,00. Namun, pemberian upah tidak langsung diberikan oleh pemilik perusahaan kepada pekerja/buruh, akan tetapi melalui mandor atau kepala buruh. Sehingga terjadinya pemotongan upah secara sepihak yang dilakukan kepala buruh sebesar Rp 10.000,00 hingga Rp 25.000,00 kepada pekerja/buruh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pengupahan buruh pada Rumah Pemotongan Ayam Desa Talang Baru Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang sistem pengupahan buruh pada Rumah Pemotongan Ayam Desa Talang Baru Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengupahan buruh pada Rumah Pemotongan Ayam Desa Talang Baru Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan serta untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang sistem pengupahan buruh pada Rumah Pemotongan Ayam Desa Talang Baru Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan pada Rumah Pemotongan Ayam Desa Talang Baru Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan melalui tahap editing dan sistematisasi data. Dan analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir menggunakan metode deduktif. Berdasarkan penelitian di atas, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem pengupahan buruh yang dilakukan di Rumah Pemotongan Ayam Desa Talang Baru ini tidak sesuai dengan kesepakatan di awal, dimana pada kesepakatan di awal pekerja/buruh diberi upah sebesar Rp 800,00 per ekor ayam. Akan tetapi pada prakteknya pekerja/buruh tidak mendapatkan upah yang sesuai karena adanya pemotongan upah secara sepihak yang dilakukan oleh kepala buruh kepada pekerja/buruh tersebut. Hal ini tidak dibenarkan dan tidak diperbolehkan dalam Hukum Islam karena tidak terpenuhinya syarat dalam upah mengupah yang berupa keridhaan dari kedua belah pihak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:34
Last Modified: 16 Nov 2021 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16417

Actions (login required)

View Item View Item