RETNO, SARY (2021) Pengaruh Selebgram Endorsment Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Followers Instagram @nunirizkypermata). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF
Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Kehadiran media massa dalam tatanan masyarakat modern, menggunakan media periklanan berbasis media sosial adalah salah satu pilihan untuk meningkatkan pembelian. Selebgram endorsment adalah salah satu metode yang paling diminati di dunia, dengan menggunakan selebriti yang menarik, mempunyai popularitas yang tinggi serta dapat dipercaya oleh publik yang dituju dapat membuat produk yang dipromosikan menjadi dikenal, diketahui dan diminati. Rumusan masalah dalam penelitian ini : Bagaimana pengaruh selebgram endorsement terhadap minat beli masyarakat?, Bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap selebgram endorsement? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara selebgram endorsment terhadap minat pembelian online shop secara parsial. Serta, mengetahui pandangan ekonomi islam mengenai selebgram endorsment. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan mengunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari sampel followers instagram @nunirizkypermata dengan teknik random sampling berjumlah 99 orang dan populasi penelitian ini sebanyak 9.172 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperolehlah hasil sebagai berikut: selebgram endorsment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian online shopp. Semakin baik selebgram dalam menyajikan produk yang ada maka akan semakin tinggi minat beli konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Berdasarkan pandangan ekonomi islam segala bentuk perdagangan itu diperbolehkan kecuali ada dalil yang melarangnya, dalam hal ini kegiatan selebgram endorsment merupakan salah satu aktivitas yang menunjang keberlangsungan usaha. Namun, dalam praktek endorsment terkadang selebgram kurang memperhatikan kejujuran untuk produk yang dipromosikan melalui jasanya. Kata Kunci : Selebgram Endosment, Minat Pembelian, Ekonomi Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:35 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:35 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16412 |
Actions (login required)
View Item |