PENGARUH PENGETAHUAN DAN TINGKAT KEPERCAYAAN UMAT TERHADAP KEPUTUSAN MENUNAIKAN ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH BERBASIS NON-CASH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kerjasama Aplikasi Go-Give dan Badan Amil Zakat Nasional)

Miftah, Farid Nawawi (2021) PENGARUH PENGETAHUAN DAN TINGKAT KEPERCAYAAN UMAT TERHADAP KEPUTUSAN MENUNAIKAN ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH BERBASIS NON-CASH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kerjasama Aplikasi Go-Give dan Badan Amil Zakat Nasional). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & V MIFTAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[thumbnail of BAB I & II MIFTAH.pdf] PDF
Download (799kB)

Abstract

ABSTRAK ZIS memberikan banyak arti dalam kehidupan umat islam maupun umat manusia secara keseluruhan. ZIS memiliki banyak hikmah, baik yang terkait dengan peningkatan keimanan terhadap Allah SWT, maupun peningktan kualitas hubungan antar sesama manusia. Fenomena di era globalisasi ini adalah berkembangnya industri 4.0 yang memudahkan manusia dalam beraktivitas, teknologi yang semakin canggih membuat pekerjaan manusia menjadi sangat ringan. Salah satunya adalah dalam sistem pembayaran, di era ini sistem pembayaran banyak dilakukan secara non-cash. Baik dalam transaksi jual-beli, simpan pinjam, bahkan dalam berdonasi ataupun membayar zakat. Saat ini tersedia aplikasi yang berguna untuk pembayaran zakat, yaitu aplikasi Go-Give yang bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah pengetahuan umat berpengaruh terhadap keputusan menunaikan zakat, infaq, dan shadaqah berbasis non-cash; apakah tingkat kepercayaan umat berpengaruh terhadap keputusan menunaikan zakat, infaq, dan shadaqah berbasis non-cash; apakah pengetahuan dan tingkat kepercayaan umat berpengaruh terhadap keputusan menunaikan zakat, infaq, dan shadaqah berbasis non-cash. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan umat terhadap keputusan menunaikan zakat, infaq, dan shadaqah berbasis non-cash; untuk mengetahui pengaruh tingkat keercayaan umat terhadap keputusan menunaikan zakat, infaq, dan shadaqah berbasis non-cash; untuk mengetahui pengetahuan dan tingkat kepercayaan umat berpengaruh terhadap keputusan menunaikan zakat, infaq, dan shadaqah berbasis non-cash. Penelitian ini bersifat kuantitatif, sampel penelitian ini berjumlah 100 responden yang menggunakan aplikasi Go-Give sebagai alat pembayaran ZIS dan diambil menggunakan teknik non probability sampling. Teknik analisis data yang diperoleh, menggunakan alat bantu software SPSS 22.0 dengan menggunakan analisis linear berganda, uji T (parsial) dan uji F (simultan). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel pengetahuan ummat terhadap keputusan menunaikan ZIS berpengaruh positif dan signifikan sebesar 49.8% sedangkan variabel kepercayaan ummat berpengaruh positif dan signifikan sebesar 41.9%. Sementara secara simultan atau bersama-sama pengetahuan dan kepercayaan ummat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menunaikan ZIS sebesar 52.8%. Dalam perspektif ekonomi Islam, ZIS berbasis non-cash melalui go-give diperbolehkan karena hanya berbeda sistem penyaluranya saja yang mempunyai nilai prinsip keadilan, ketahuidan, keseimbangan, ta’awun dan khilafah. Kata Kunci: Pengetahuan Umat, Tingkat Kepercayaan Umat dan Keputusan Menunaikan Zakat, Infaq, Shadaqah berbasis online melalui go-give.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:43
Last Modified: 16 Nov 2021 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16411

Actions (login required)

View Item View Item