STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH UNTUK MEMPERTAHANKAN KESEJAHTERAAN PELAKU UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelaku UMKM Kripik Pisang di Jl. ZA.Pagar Alam)

NURANNISA, SUCI RAHMANTI (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH UNTUK MEMPERTAHANKAN KESEJAHTERAAN PELAKU UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelaku UMKM Kripik Pisang di Jl. ZA.Pagar Alam). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NURANNISA SUCI RAHMANTI_1751010106.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK UMKM keripik pisang yang berada di Jl. ZA Pagar Alam Bandar Lampung atau yang bisa dikenal dengan sebutan Gang.PU merupakan salah satu pusat oleh-oleh khas Lampung. Keripik pisang yang berada di Jl. ZA Pagar Alam bandar Lampung yang merupakan sumber mata pencharian sebagian masyarakat yang berada di sekitarnya. Pengembangan perlu ditingkatkan dan hambatan-hambatan pada masa pandemi covid-19 pengembangannya perlu diatasi supaya dapat lebih meningkatkan kesejahtraan para pelaku UMKM. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan usaha yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM kripik pisang dalam mempertahankan kesejahteraan dimasa pandemi covid-19 serta bagaimana strategi pengembangan usaha yang dapat dilakukan UMKM kripik Pisang di Jl.ZA Pagar Alam di masa pandemi covid-19 dalam perspektif Ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM kripik pisang dalam mempertahankan kesejahteraan dimasa pandemi covid-19 dan untuk untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang dapat dilakukan UMKM kripik Pisang di Jl.ZA Pagar Alam dalam perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah field research, dengan penelitian yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara,kuesioner dan dokumentasi. Jumlah sampel yang dalam penelitian ini sebanyak 32 responden. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian dari diagram SWOT menggambarkan bahwa posisi produk usaha berada di kuadran I dengan hasil 0,15 dan 0,5 yang menyatakan bahwa strategi pengembangan yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM keripik pisang Jl. ZA Pagar Alam yaitu dengan strategi agresif dimana perusahaan memiliki peluang dan kekuatan yang cukup besar sehingga dengan kekuatan internal yang dimiliki dapat memanfaatkan peluang yang ada. Kekuatan yang bisa dimanfaatkan dimasa pandemi saat ini adalah produk yang ditawarkan oleh para pelaku usaha yang sudah terkenal dengan berbagai macam varian rasanya yang harus tetap dipertahankan dimasa pandemi saat ini, dan dengan harga yang terjangkau itu juga bisa menarik minat para pembeli. Dalam perpspektif ekonomi strategi yang dijalankan iii adalah dimana dalam mengembangakan usahanya para pedagang keripik pisang memproduksi bahan-bahan yang tidak mengandung zat yang haram dan berbahaya bagi kesehatan konsumennya, mengutamakan kebersihan lingkungan usahanya apalagi dimasa pandemi seperti ini sangat perlu menjaga kebersihan lingkungan usahanya dan menjamin kualitas produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM keripik pisang. Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Strategi Pengembangan UMKM,Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:29
Last Modified: 16 Nov 2021 02:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item View Item