MANAJEMEN STRATEGIK BUDAYA MUTU PENDIDIKAN (Studi pada SMA Al Ma’soem Sumedang dan SMA Darul Hikam Kota Bandung)

Muhammad, Amar Khana, M.M.Pd. (2021) MANAJEMEN STRATEGIK BUDAYA MUTU PENDIDIKAN (Studi pada SMA Al Ma’soem Sumedang dan SMA Darul Hikam Kota Bandung). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1-2 DAN DAFTAR PUSTAKA @ M AMAR KHANA.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of DISERTASI FULL M AMAR KHANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Amar Khana (NIM. 1403020022): Manajemen Strategik Budaya Mutu Pendidikan (Studi pada SMA Al Ma’soem Sumedang dan SMA Darul Hikam Kota Bandung) Pendidikan menduduki posisi sentral sebagai pilar penting dan utama dalam pembangunan bangsa dan negara, karena sasarannya adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Pembangunan pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu, relevansi, efektivitas, efisiensi dan produktivitas manajemen pendidikan dalam menghadapi tantangan era disruptif 4.0. Hal ini penting sehingga tidak terjadi lagi kesenjangan antara sekolah negeri dan sekolah swasta baik dari sisi kualitas pembelajaran, sarana prasarana, maupun pembiayaan. Tata kelola pendidikan yang baik melalui manajemen strategik dan peningkatan budaya mutu pendidikan menjadi faktor kunci kualitas sekolah. SMA Al Ma’soemdan SMA Darul Hikam merupakan sekolah swasta yang memiliki keunggulan tata kelola pendidikan dan budaya mutu yang bisa dijadikan model bagi sekolah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis latar alamiah bangunan budaya sekolah yang sudah terbangun; proses manajemen strategik budaya mutu pendidikan meliputi analisis lingkungan strategik, formulasi strategik, implementasi strategik, evaluasi dan pengendalian strategik budaya mutu pendidikan yang dilakukan oleh para manajer sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif yaitu penggambaran atau pemberian makna secara sistematis, faktual dan akurat mengenai data yang diteliti berupa kata- kata dan data tertulis yang diperoleh melalui teknik wawancara, pengamatan/observasi, studi dokumen dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan melalui: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi, pengecekan teman sejawat, kecukupan referensial, uraian rinci, pengecekan anggota, auditing kebergantungan dan auditing kepastian. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa keberhasilan penyelenggaraan pendidikan pada SMA Al Ma’soem dan SMA Darul Hikam tidak terlepas dari peran aktif yayasan serta didukung oleh sistem penyelenggaraan pendidikan yang baik dalam menjaga dan melestarikan budaya mutu yang dibangun. Pelaksanaan manajemen strategik budaya mutu pendidikan pada SMA Al Ma’soemdan SMA Darul Hikam berangkat dari filosofi nilai budaya yang dianut dan terpatri pada tokoh pendiri yayasan yang bermuara pada sikap profesional dalam bekerja, berlandaskan pada kaidah-kaidah ajaran Islam dan berpegang pada nilai-nilai budaya kearifan lokal. Kesinambungan antara visi misi yayasan dan visi misi sekolah serta proses kegiatan analisis lingkungan, formulasi, implementasi, evaluasi dan pengendalian strategik dilaksanakan dengan baik dan menjadi kunci penentu keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Strategi dalam pengendalian budaya mutu bagi SMA Al Ma’soemyang memiliki motto cageur, bageur, pintar melalui kebijakan pemberian kewenang luas bagi wali kelas, bagian kurikulum, staf Petugas Penangan Kelas III (P2K III), dan penerapan sistem point pelanggaran maupun prestasi bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan, serta penerapan sistem remunerasi berbasis kinerja yang menjadi booster motivasi bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Berbeda halnya bagi SMA Darul Hikam yang memiliki motto Berakhlak dan Berprestasi, strategi pengendalian budaya mutu dilakukan melalui penguatan kewenangan wali kelas, wali asuh, penerapan sistem point pelanggaran dan prestasi serta penguatan nilai-nilai budaya mutu melalui pelatihan Taqwa Character Building (TCB) bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan. Model konseptual yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah model internalisasi sistem nilai manajemen strategik budaya mutu pendidikan dengan pendekatan manajerial kolaboratif dan partisipatif. Kata kunci: Manajemen Strategik, Budaya Mutu Pendidikan ivABSTRACT Muhammad Amar Khana (NIM. 1403020022): Strategic Management of Education Quality Culture (Study at Al-Ma'soem Sumedang High School and Darul Hikam High School, Bandung City) Education occupies a central position as an important and major pillar in the development of the nation and the country because the goal is to improve the quality of Human Resources. National education development must be able to guarantee equal education opportunities, improve the quality, relevance, effectiveness, efficiency, and productivity of education management in the face of disruptive era challenges 4.0. This is important so that there is no longer a gap between public schools and private schools both in terms of quality of learning, infrastructure, and financing. Good education governance through strategic management and improving the quality culture of education is a key factor in school quality. Al Ma'soem High School and Darul Hikam High School are private schools that have the advantages of educational governance and quality culture that can be used as models for other schools. This study aims to analyze the natural background of school cultural buildings that have been built; The process of strategic management of education quality culture includes strategic environmental analysis, strategic formulation, strategic implementation, evaluation, and strategic control of the quality culture of education conducted by school managers. This study uses a qualitative-descriptive approach that is the depiction or giving of meaning systematically, factually, and accurately about the data studied in the form of words and written data obtained through interview techniques, observations/observations, document studies, and literature studies. Data analysis is conducted through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The validity of the data is done by extension of participation, perseverance of observers, triangulation, checking of peers, referential adequacy, detailed description, member checking, auditing of dependence, and auditing of certainty. Based on the findings of the study, the conclusion that the success of education implementation at Al Ma'soem High School and Darul Hikam High School is inseparable from the active role of the foundation and is supported by a good education implementation system in maintaining and preserving the quality culture built. The implementation of strategic management of quality education culture at SMA Al Ma'soem and SMA Darul Hikam departs from the philosophy of cultural values embraced and attached to the founder figure of the foundation that boils down to professional attitudes in work, based on the rules of Islamic teachings and adheres to the cultural values of local wisdom. Continuity between the vision of the foundation's mission and the vision of the school's mission as well as the process of environmental analysis activities, formulation, implementation, evaluation, and strategic control are well implemented and become the key determinants of the success of education implementation. Strategy in quality culture control for Al Ma'soem High School which has the motto cageur, bageur, pinter through the policy of granting broad authority to the homeroom, curriculum section, staff of Class III Handling Officer (P2K III), and the application of point violation system and achievement for students, teachers, and educational personnel, as well as the application of performance-based remuneration system that becomes a motivational booster for educators and educational personnel in carrying out their duties and functions. In contrast to SMA Darul Hikam which has the motto of Morality and Achievement, the quality culture control strategy is carried out through strengthening the authority of the homeroom teacher, foster carers, the application of the point of violation and achievement system as well as the strengthening of quality cultural values through taqwa character building (TCB) training for students, teachers, and educational personnel. The conceptual model offered in this study is the internalization model of strategic management values system of educational quality culture with a collaborative and participatory managerial approach. Keywords: Strategic Management, Education Quality Culture vصــخــلــم ةـيـبرتلا ىأ مـيـلعـتـلا ةدوــج ةـفاقــــثــل ةيجيتارتسلإا ةرادإ (1403020022 .ليجستلا مقر ( ناك رمع دمحم )جـنودـنـب مكحلا رادو جــْ ناديْ ـمَ وسُ موْ ـصُ ـعْ ـمَ ـلا ةِ ـَ يــِ لاـَ ـعـْ ـلا ةِ سَ رَ دْ مَ لا ىف ُةسَ ارَ دِ ) ةدوج عافترإ فدهلا نلأ ةلودلاو نطولا ةيمنت ىف يساسأو ةمهم ةماعدك ايزكرم ةلزنم ةيبرتلا لتحي نيسحت ،ةيبرتلا ىف صرفو ميمعت نامض ىلع ارداق ينطولا ةيبرتلا ريوطت نوكي نأ يغبني كلاذلو ةيرشبلا دراوملا ىتح مهم اذهو 4.0 بيرختلا رصع ىف تايدحتلا ةهجاوم ىف ةيبرتلا ىأ ميلعتلا ةرادإ ةيجاتناو ةيلاعفو ةمءلامو طارق طسق لاو ةيساسلأا ةينبلاو ميلعتلا ةدوج ثيح نم ءاوس ،ةصاخلا سرادملاو ةيموكحلا سرادملا نيب ةوجف كانه نوكت لا نوكي نأ ريصي ةيبرتلا ىأ ميلعتلا ةدوج ةفاقثل ةيجيتارتسلإا ةرادإ للاخ نم ىحرملا ةيبرتلا ىأ ميلعتلا ةرادإ .يسارد ا لاماع موْ ـصُ ـعْ ـمَ ـلا ةِ ـَ يــِ لاـَ ـعـْ ـلا ةسَ رَ دْ مَ .ةسردملا ةدوج يف اايساسأ ناتسردم امه جـنودـنـب مكحلا رادو جــْ ناديْ ـمَ وسُ ةيبرتلا ىأ ميلعتلا ةدوج ةفاقثل ةيجيتارتسلإا ةرادإ للاخ نم ىحرملا ةيبرتلا ىأ ميلعتلا ةرادإ ايازم تاذ ناتصاخلا .ىرخلأا سرادملا لبق نم اجا ذومن نوكي نأ نكمي َذ ىلِإ اةفَ اضَ ِإ فرعي نأ ثُ حا ِ دق يذلا ةيسردملا ةفاقثلا ءانب ةيعيباط ـَبـْ لا فُ دِ ــْ هـَ ـي كَ ـ ـلا ِ ةيلمع ىف ؛فقو ذيفنتو ةيجيتارتسلإا ةغايصو ةيجيتارتسلإا ةيانب ليلحت ىوتحي ةيبرتلا ىأ ميلعتلا ةدوج ةفاقثل ةيجيتارتسلإا ةرادإ .ةـسردملا ريدم هـلـمـعــي ةيبرتلا ىأ ميلعتلا ةدوج ةفاقثل ةيجيتارتسلإا ةضبقو ةيجيتارتسلإا ميوقتو ةيجيتارتسلإا مَ ـَ ب ثحْ ــبَ ـلْ ا اذـهَ مُ دِ ـخْ ـتَ سْ ـَ ي ىنعملا ءاطعإ ايّ ماظن لـخَ دْ ِ يعونلا يفصولا لوح احيحصو ايّ عقاوو ليلحت .عجرملا ةمئاق ةساردو ةقيثو ةساردو ةظحلامو ةلباقم ةقيطب لصحيو ةبوتكملاو تاملكلا ترذِ حُ دق يتلا تانيبلا ديدمت قيرط نع لمعي تانايبلا قدصو .جئاتنلا باحسناو تانايبلا ضرعَ و تانايبلا ليلقت لللاخ نم لمعي تانايبلا دامتعلأا قيقدتو ءاضعلأا قيقدتو قئاقد حرشو ةيعجرم ةيفكو نارقلأا ةعجارمو ثيلثتلاو بكارمُ لا داهتجاو ةكراشلا .نامضلا قيقدتو مكحلا رادو جــْ ناديْ ـمَ وسُ موْ ـصُ ـعْ ـمَ ـلا ةِ َـيــِ لاـَ ـعـْ ـلا ةسَ رَ دْ مَ ىف ميلعتلا ذفِّ نمُ حاجن نّ أ ةفاقث ءانب ىف ةمادإو ظفحلا ىف ديجلا ميلعتلا ماظن ةطساوب موعدمو ةسسؤملل ،ثحبلا جئاتن ىلع اءانب طِ شِ نلا رود نع لصفني لا جـنودـنـب رادو جــْ ناديْ ـمَ وسُ موْ ـصُ ـعْ ـمَ ـلا ةِ َـيــِ لاـَ ـعـْ ـلا ةسَ رَ ْدمَ ىف ةيبرتلا ىأ ميلعتلا ةدوج ةفاقثل ةيجيتارتسلإا ةرادإ ةدايق .ةدوجلا ةيجيتارتسلإا ةرادلإا موهفم .ةيلحملا ةمكحلل ةيفاقثلا ةميقلاب مازتللااو ةيملاسلإا ميلاعتلا ئدابم ىلع اءانب جـنودـنـب مكحلا ةضبقو ةيجيتارتسلإا ميوقتو ةيجيتارتسلإا ذيفنتو ةيجيتارتسلإا ةغايصو ليلحتلا لعافت للاخ نم ميلعتلا ةدوج ةفاقثل يف تايدحتلاو صرفلاو فعضلاو ةوقلا طاقن ديدحت للاخ نم هيفظومو ريدملا اهب موقي ةيئيبلا ةبقارملا .ةيجيتارتسلإا .اهل ططخملا ةيجيتارتسلاا حاجن ىوتسم ىلع رثؤتس يتلاو ةسردم لك vi كلمـي نأ ناـك موْ ـصُ ـعْ ـمَ ـلا ةِ َـيــِ لاـَ ـعـْ ـلا ةسَ رَ دْ مَ ىف ةدوـجلا ةـفاـقـث ةبقارـم يف ةيجيتارتسا جــْ ناديْ ـمَ وسُ جـهـنملا مسـقو يصوصخ سردـمل لـماـشلا كلملا ةـحـنـمو ةسايسلا للاخ نـع رـهاملاو ،ميرــكلا ،ميـلسلا هنـم راـعـشلا يفظومو نيملعملاو بلاطل زاــجنلأاو ءادتـعاو ةـقـنـلا ماـظـن ذـيـفـنـتو ةثلاثلا ةـجردلا نـم ةلـماـعـم بـيـتر زاـهـجو يـفظوـمو نيـملـعمـلا ةـعـفاد ىف كرّ ـحـي نأ حـبـصأ دـق يذـلا قـيـقـحـت ساـسأ ىلـع ضيوـعــت ماظـن قيــبطــتو ميلعتلا ـلاـَ ـعـْ ـلا ةسَ رَ دْ مَ ىف فلتخيو .مـهــتمـهـمو مهـتـبـجاو ءادأ ىف ميـلعـتـلا ِ ىف راعشلا كلمي نأ جـنودـنـب مكحلا راد ةِ ـَ يـ ذيـفنـتو ةداشرإو ةـهـجوـتو راظـن كلـم دـيـبأـت للاخ نم ةدوجلا ةفاقـث ةباقر ةيجيتارتساو ةروثأم ىأ قيقحتو بيدأت بلاـطل ىنـبـمو قلاـخأو ناك ةـيوـقـت بيردـت للاـخ نـم ةدوـجلا ةـفاـقـث ةميـق ديــبأتو ةرـثأمو كاهـتـنلأا ةـطـقـن ماظــن ةيجيتارتسلإا ةرادإ ىف ةميقلا لـخادـت جذومـن ةساردلا هذه ىف مدقملا ميهافملا جذومنلا .ميـلعـتـلا يـفظوـمو نيـملــعـمو .كارـتـشاو نواـعـتـم ةرادإ ىف برـقـلا عم ةـيـبرتلا ىأ ميلعتلا ةدوـج ةـفاقـثل ةيسيئرلا تاملك ميلعتلا ةدوج ةفاقث ،ةيجيتارتسلإا ةرادإ : ةيبرتلا ىأ

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2021 05:46
Last Modified: 15 Nov 2021 05:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16405

Actions (login required)

View Item View Item