ANALISIS SUBSEKTOR PERKEBUNAN SEBAGAI PENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2010-2019 (Studi di Kabupaten Lampung Tengah)

Endang, Triyanti (2021) ANALISIS SUBSEKTOR PERKEBUNAN SEBAGAI PENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2010-2019 (Studi di Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Subsektor perkebunan merupakan bagian dari faktor pendukung pembangunan ekonomi di Kabupaten Lampung Tengah. Peran Pemerintah Daerah sangat diperlukan untuk meningkatkan subsektor perkebunan agar dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pada tahun 2010-2019 subsektor perkebunan kabupaten Lampung Tengah selalu memberikan kontribusi yang besar terhadap PDRB, akan tetapi Pertumbuhan ekonomi yang dilihat dari laju pertumbuhan mengalami fluktuatif, dikarenakan sumber daya manusia yang ada masih rendah, sehingga pendapatan yang diperoleh masyarakat tersebut kurang maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh subsektor perkebunan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten Lampung Tengah dan untuk mengetahui pengaruh subsektor perkebunan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten lampung Tengah dalam perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi linier Sederhana. Metode pengambilan sampel adalahpurposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data diterbitkan oleh dinas pertanian kabupaten Lampung Tengah dan Badan Pusat Statistik (BPS)Kabupaten Lampung Tengah. Hasil pengkajian yang dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa subsektor perkebunan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Namun hasil menunjukkan bahwa sub sektor perkebunan berpengaruh negative terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lampung tengah. Hal ini menunjukkan bahwa upaya pemerintah Kabupaten Lampung Tengah untuk meningkatkan sub sektor perkebunan dengan berbagai program yang telah dibuat belum membuahkan hasil sebesar yang diharapkan. Hal ini dapat dijelaskan dengan angka subsektor perkebunan yang terus mengalami fluktuasi selama sepuluh tahun dari tahun 2010-2019. Dilihat dari perspektif ekonomi Islam pemerintah Kabupaten Lampung Tengah sudah menerapkan prinsip-prinsip yang ada dalam ekonomi Islam. Hal ini bisa dilihat dari dua prinsip yaitu keadilan dan keseimbangan. Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dalam menyalurkan bantuan terkait perkebunan kepada petani kebun telah merata disalurkan ke daerah-daerah di wilayah Kabupaten Lampung Tengah. Kata kunci : Subsektor Perkebunan, Pertumbuhan Ekonomi, PerpektifEkonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2021 06:33
Last Modified: 16 Nov 2021 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16398

Actions (login required)

View Item View Item